Breaking News:

Di HKm Seberang Bersatu Bisa Donasi Juga Adopsi Mangrove dan Koral

Bagi yang ingin berdonasi lebih mudah, tidak harus datang ke Belitung atau HKM Seberang Bersatu. Cukup pasang aplikasi dan berdonasi, bisa ditransfer.

Penulis: tidakada009 | Editor: Novita

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Di Hkm Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang, Belitung, siapapun bisa memupuk kepedulian terhadap lingkungan melalui donasi dan adopsi mangrove juga terumbu karang.

Aplikasi itu disebut Simangco atau Donasi dan Adopsi Mangrove dan Coral.

Aplikasi berlogo kera ini diberi nama Simangco, kera yang berdasarkan cerita turun temurun masyarakat setempat merupakan penjaga mangrove.

"Nanti kalau ada perusahaan, pihak ketiga, atau individu bisa berdonasi karena tanggung jawab mrnjaga lingkungan hidup dan perubahan iklim ini tanggung jawab semua pihak," kata Ketua HKM Seberang Bersatu, Marwandi, Kamis (25/11/2021).

Bagi yang ingin berdonasi lebih mudah, tidak harus datang ke Belitung atau HKM Seberang Bersatu.

Cukup pasang aplikasi dan berdonasi, bisa ditransfer melalui rekening.

Dalam mengelola donasi, kelompok masyarakat tersebut juga bekerja sama dengan Yayasan Belitung Cerdas Mandiri.

"Misal satu pohon donasinya Rp5.000 per pohon, titik koordinat peta sudah disiapkan. Kalau adopsi pemeliharaan selama kegiatan per tahun, untuk pemeliharaan adopsi Rp15.000-Rp20.000 untuk pemeliharaan, kalau coral dihitung per meter persegi dengan peta yang dilampirkan. Per meter persegi beragam dari Rp1 juta sampai Rp1,5 juta," jelasnya.

Kini, lokasi untuk penanaman mangrove juga telah dilakukan pemetaan lokasi.

Lahan seluas 165 hektare disiapkan untuk menanam mangrove hasil donasi. Sementara untuk penanaman koral telah disiapkan lokasi yang luasnya lebih dari 300 hektare. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved