Breaking News:

Anda Menjadi Korban Praktik Pungutan Liar? Segera Lapor ke Tim Saber Pungli Beltim!

Ketua Tim Saber Pungli Beltim mengatakan, praktik pungli ini harus dihilangkan dari Indonesia khususnya di Belitung Timur.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Tedja Pramana
Ist/Haryoso
Poster saber pungli Belitung Timur. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Indonesia sejak dulu terkenal dengan urusan administrasi yang ribet. Karena itu, sejumlah oknum memanfaatkan celah tersebut untuk mengambil keuntungan pribadi.

Mereka memungut biaya tertentu alih-alih untuk mempercepat proses administrasi. Sebagai aparatur negara, padahal tindakan tersebut sudah melanggar integritas dan profesionalitas bahkan paling rendah adalah melanggar nilai dan norma.

Karena itulah, Tim Saber Pungutan Liar (pungli) dibentuk sejak beberapa tahun belakangan.

Di Belitung Timur (Beltim), tim tersebut beranggotakan 43 personel yang terdiri dari Polres, Kejaksaan, Pemkab Beltim, Kodim, Imigrasi, TNI AU, TNI AD, dan TNI AL.

Kepala Inspektorat Beltim, Haryoso sekaligus Ketua Tim Saber Pungli Beltim mengatakan, praktik pungli ini harus dihilangkan dari Indonesia khususnya di Belitung Timur.

Menurutnya pungli menyengsarakan masyarakat karena akan mengeluarkan sejumlah uang padahal sebenarnya pelayanan gratis.

"Pemerintah sudah berkomitmen bahwa untuk melayani masyarakat harus dilakukan sepenuh hati. Seluruh pelayanan kepada masyarakat sekarang ini mudah dan semuanya gratis," tegas Haryoso saat dihubungi posbelitung.co, Jumat (26/11/2021).

Dus, Haryoso bilang jika warga Belitung Timur mengalami praktik pungli jangan segan dan takut melapor ke Tim Saber Pungli. Haryoso menjamin identitas pelapor akan dirahasiakan sepenuhnya.

Bagi yang mengalami praktik pungli silakan lapor ke call center 087897755879 atau 087897755582. Pun jika kurang leluasa bisa datang ke Sekretariat Tim Saber Pungli di Kantor Inspektorat Belitung Timur Kompleks Perkantoran Pemda Belitung Timur.

"Kami juga menyediakan saluran pelaporan di media sosial facebook dengan nama Pengaduan Saber Pungli atau di instagram @pengaduansaberpungli. Bisa juga melalui email pengaduansaberpungli@gmail.com," tambahnya.

Dia berharap dengan banyaknya saluran pelaporan masyarakat bisa berkontribusi dalam upaya pemerintah memberantas praktik pungli ini.

"Semoga tidak ada lagi pungutan liar di masyarakat seiring dengan reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintah untuk memangkas hirarki pengurusan administrasi," katanya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved