Breaking News:

Antisipasi Bencana, Bupati Belitung Timur Kirim Surat ke Camat dan Kades agar Berbenah

Dia bahkan menyebut sudah berkirim surat kepada tujuh camat dan 39 kepala desa, agar berbenah dalam mengantisipasi potensi kebencanaan.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Novita
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Forkopimda Belitung Timur berfoto bersama seusai Apel Kesiapsiagaan Bencana di halaman kantor Bupati Belitung Timur, Jumat (26/11/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung Timur, Burhanudin, mendorong camat dan kepala desa agar selalu menjaga kebersihan, meningkatkan gotong royong, serta waspada dalam mengantisipasi bencana di musim peralihan cuaca sekarang ini.

Dia bahkan menyebut sudah berkirim surat kepada tujuh camat dan 39 kepala desa, agar berbenah dalam mengantisipasi potensi kebencanaan yang akan terjadi.

Hal itu dikatakannya seusai Apel Kesiapsiagaan Bencana yang digelar di halaman kantor Bupati Belitung Timur, Jumat (26/11/2021).

"Kami minta kepada camat dan kades agar mengidentifikasi dan menyosialisasikan kepada warganya, agar selalu mawas diri dalam kondisi cuaca saat ini. Seminggu terakhir, cuaca tidak menentu karena sedang pancaroba," kata Burhanudin.

Burhanudin mengatakan, potensi bencana paling besar terjadi atas perubahan iklim di Belitung Timur, yakni banjir dan angin kencang.

Karena itu, dia minta agar seluruh masyarakat berpartisipasi dalam menjaga lingkungan sekitar.

Hal paling kecil yang bisa dilakukan adalah gotong royong, membersihkan selokan yang buntu hingga membuat sebanyak-banyaknya daerah serapan air sehingga jika hujan lebat genangan air cepat mengendap.

"Untuk masyarakat nelayan, juga diimbau di musim sekarang ini hati-hati dalam melaut. Jika berbahaya, sebaiknya ditunda dulu daripada berakibat fatal," kata Burhanudin.

Dia juga menyatakan bahwa mulai dari Linmas, BPBD, Tagana, Basarnas, hingga TNI/Polri, siap bersinergi dalam mencegah terjadinya bencana alam di Belitung Timur.

Kapolres Belitung Timur, AKBP Taufik Noor Isya, mengatakan, semua persiapan mitigasi bencana sudah dilakukan.

Dia juga menyebut, dari Mabes Polri sudah ada perintah agar menjalin sinergi dengan pemkab setempat agar bekerja sama dalam mengantisipasi bencana.

"Peralatan, perlengkapan, hingga personel sudah kami siapkan. Kapal Polairud juga siap kami kerahkan untuk evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi banjir," kata Taufik sembari mengatakan butuh partisipasi masyarakat juga dalam mencegah kebencanaan.

Senada, Dandim 0414/Belitung, Letkol Inf Mustofa Akbar, mengatakan, apel hari ini merupakan bentuk kesiapan dalam menghadapi potensi terjadinya bencana.

Dia menegaskan, semua tentu tidak ingin terjadi bencana, namun harus ada tindakan preventif supaya dampaknya tidak besar.

"Namun kembali lagi, kerja sama dari tingkat bawah, pemdes, pemcam semua harus kerja sama. TNI siap bersinergi bersama pemda untuk mitigasi bencana," kata Mustofa. (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved