Breaking News:

Berita Belitung Timur

Era Digitalisasi Jadi Tantangan ASN Belitung Timur, Birokrasi Pemerintahan Bakal Serba Digital

Upaya persiapan arah digitalisasi sudah mulai dilakukan dengan melakukan rekrutmen SDM melalui CPNS yang sesuai perencanaan

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Hendra
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Belitung Timur Yuspian saat ditemui di ruangannya, Selasa (18/5/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Era digitalisasi akan menjadi tantangan besar bagi para ASN.

Beberapa tahun terakhir, birokrasi pemerintahan sudah digitalisasai mulai dari perencanaan, keuangan, hingga kepegawaian.

"Tentunya saat ini juga beberapa hal yang menyangkut digitalisasi ASN sudah dilakukan di Belitung Timur. Misalnya dalam perencanaan kita sudah menggunakan e-planning, di bidang keuangan sudah menggunakan ESPD," ujar Kepala BKPSDM Belitung Timur Yuspian, Rabu (1/12/2021).

Ke depan peran ASN diwacanakan akan digantikan dengan pengunaan robot.

Namun kata Yuspian rencana ini masih dalam batas wacana saja.

Mulai tahun 2022, proses digitalisasi sudah diaplikasikan ke dalam penilaian kinerja melalui e-kinerja dan e-absensi.

"Kita berharap semua proses pemerintahan yang ada di birokrasi itu akan ke arah digital semua dan kita akan paperless. Tetapi pelaksanaannya bertahap karena ini menyangkut seluruh proses business yang terintegrasi baik di tingkat kabupaten, provinsi sampai pusat," jelas Yuspian.

Menurutnya, digitalisasi di kalangan birokrat memang belum seluruhnya berjalan.

Sebab diperlukan regulasi agar pelaksanaan digitalisasi menjadi sah secara hukum.

"Ada yang sudah full digital, ada yang masih semi digital karena itu masih berkaitan dengan keabsahan sebuah proses berdasarkan regulasi. Seperti tanda tangan digital sama dengan manual maka itu akan dapat kita lakukan untuk seluruh proses business. Tapi harus ada regulasi terlebih dahulu agar legal di secara prosedur yang berlaku di masing-masing bidang," ujar Yuspian.

Ia menambahkan, upaya penyiapan ke arah digitalisasi juga dimulai melalui rekrutmen SDM melalui CPNS yang sesuai perencanaan.

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, BKPSDM sudah memunculkan formasi pranata komputer agar siap membantu ke arah digitalisasi.

"Bahkan mereka diberikan tes tambahan beru0a praktek komputer dan hasilnya jauh lebih siap membantu pengembangan aplikasi atau IT ke depan," tutupnya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved