Breaking News:

Jajaran Satreskrim Polres Belitung Tangkap TO Kasus Curat, Kerugian Korban Capai Rp1 Miliar

Setibanya lokasi, korban mendapati pintu gudangnya sudah terbuka dan di dalam hanya tersisa beberapa barang yang sudah tak terpakai.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Novita
Posbelitung.co/Dede Suhendar
Darwan alias Mawan, satu di antara pelaku kasus curat yang diamankan jajaran Satreskrim Polres Belitung, Rabu (1/12/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Unit Opsnal Satreskrim Polres Belitung mengamankan seorang pelaku pencurian di sebuah gudang yang beralamat di Jalan Pilang, sebelah jembatan Pilang, Desa Dukong, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, pada Selasa (30/11/2021) kemarin.

Pelaku bernama Darmawan alias Mawan itu merupakan target operasi (TO) Tertib Menumbing 2021.

Pria 25 tahun itu bersama tujuh rekannya mencuri di gudang milik Renardi Chandra berulang kali.

"Jadi pelaku ini sempat DPO, akhirnya berhasil diamankan di depan SMPN 7 Tanjungpandan. Semua pelaku delapan orang dan tinggal dua orang masih pengejaran," ungkap Kasi Penmas Sihumas, Bag Ops Polres Belitung, Ipda Belly Pinem, kepada Posbelitung.co, Rabu (1/12/2021).

Ia menjelaskan, kejadian tersebut berawal saat pelapor mengecek inventaris di gudangnya pada tanggal 11 Januari 2021 lalu.

Setibanya lokasi, korban mendapati pintu gudangnya sudah terbuka dan di dalam hanya tersisa beberapa barang yang sudah tak terpakai.

Setelah dicek, ternyata daftar barang yang hilang sangat banyak. Yakni satu mesin pres, satu mesin rol plat, dua buah mesin pemotong besi, tiga kompresor, dua mesin las, dua tabung gas karbit, tiga mesin stempel untuk boat, satu boks besi tempat kunci, satu mesin bor duduk, empat tabung angin, satu tangki besi ukuran dua ton, satu cerobong semen, dua tangki besi, 20 batang besi H 18 inch, 20 meter rantai kapal besar, 150 batang besi cor 16 inch, 200 batang besi cor 10 inch, dua mesin disel delapan silinder, satu gerobak besi, 10 batang pipa 12 inch ukuran enam meter, 150 batang pipa tiga inch panjang enam meter, 10 batang pipa enam inch panjang enam meter, delapan batang besi H 12 Inch, 20 batang besi L delapan inch, enam batang pipa enam inch, satu batang pipa 10 inch, 30 batang pipa empat inch, 100 batang pipa tiga inch, 50 batang besi U, tujuh unit mesin molen, satu unit stumbal, lima buah arco, 50 buah besi cetakan, dua tiang derek, satu buah blok mesin disel, satu plat tongkang, lima bak truk besi, empat buah casis berikut mesin, dua buah tangki besi empat ton, dua besi boks besar, dan satu mangkok.

Akibat dari kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sebesar kurang lebih Rp1.000.000.000 (satu miliar).

"Pelaku mengangkut barang-barang menggunakan truk. Sudah dijual ke Mas Gondrong dan sudah dibawa ke Jakarta. Mereka mencuri ini berulang, kali baik siang maupun malam," beber Pinem.

Sementara ini, pelaku dijerat Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian dengan Pemberatan (curat) dengan ancaman pidana maksimal tujuh tahun penjara.

Hanya Kebagian Rp500 Ribu

Darwan alias Mawan, satu di antara pelaku curat di gudang milik Renardi Chandra, membantah dirinya otak dari kejadian tersebut.

Dia mengaku hanya diajak oleh pelaku yang lain dan hanya satu kali ikut mencuri di gudang yang terletak di sebelah jembatan Pilang itu.

Kemudian dari hasil pencurian, Mawan hanya mendapatkan bayaran sekitar Rp500 ribu.

"Bukan aku yang masuk pertama, dia yang tahu, aku cuman diajak. Aku cuman sekali diajak, tidak tahu kalau yang lain, barang yang sama aku disimpan di daerah Kelekak Usang," kata Mawan. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved