Breaking News:

Petani Puas Harga Komoditas Cabai di Belitung Relatif Stabil

Nampak cabai yang memerah memenuhi batang cabai, siap dipetik. Dalam sekali panen, ia bisa menghasilkan puluhan kilogram cabai.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung, Sahani Saleh, dan Kepala Kantor Perwakilan BI Bangka Belitung, Tantan Heroika, memanen hasil demplot cabai di Desa Dukong, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Rabu (1/12/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak 3.000 rumpun cabai keriting terhampar di lahan milik Abuy, seorang petani di Desa Dukong, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Nampak cabai yang memerah memenuhi batang cabai, siap dipetik. Dalam sekali panen, ia bisa menghasilkan puluhan kilogram cabai.

Abuy mengatakan, demplot cabai yang ditanamnya tersebut telah memasuki panen keempat. Ia memerinci, pertama kali panen hasilnya sudah sekitar 27 kilogram, sementara panen kedua sebanyak 30 kilogram, disusul 59 kilogram untuk panen ketiga.

"Kalau panen keempat ini perkiraannya bisa mencapai 100 kilogram, karena hasilnya terus meningkat," kata Abuy, Rabu (1/12/2021).

Hasil cabai segar yang terkumpul biasanya dijual ke pengepul. Saat ini, harga jual per kilogram mencapai Rp48.000.

Pria asal Garut, Jawa Barat, ini mengaku puas dengan harga komoditas cabai yang ada di Belitung.

Selain harga jual yang menggiurkan, harganya juga cenderung stabil dibandingkan dengan kondisi di tempat asalnya.

Cabai hasil panen di Desa Dukong, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Rabu (1/11/2021).
Cabai hasil panen di Desa Dukong, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Rabu (1/12/2021). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sementara itu, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Dukong Jaya Mandiri, Jujun, menyebut, cabai memang menjadi satu dari beberapa komoditas yang ditanam para petani, selain tomat dan sayuran hijau.

Dalam mendorong hasil produksi tanaman, pihaknya juga telah mendapat program bantuan dari berbagai pihak. Satu di antaranya dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung.

Bantuan tersebut di antaranya berupa bantuan permodalan yang digunakan untuk membeli bibit juga perawatan tanaman.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved