Breaking News:

Polisi Bakal Tindak Tegas Masyarakat Langgar PPKM Selama Nataru

Apabila nantinya tak digubris petugas tetap menindak pelaku pelanggaran protokol kesehatan dan ketentuan aturan PPKM.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Tedja Pramana
bangka pos
Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono mengimbau masyarakat mengindahkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang dimulai tanggal 24 Desember sampai 2 Januari 2022.

Jika didapati masyarakat maupun pelaku usaha yang melanggar PPKM seperti melakukan pawai dan arak-arakan, pesta kembang api pada pergantian tahun baru hingga melanggar jam operasional akan ditindak tegas.

"Jika ditemukan perbuatan yang melanggar penanganan, pencegahan protokol kesehatan Covid-19 akan dilakukan penegakan hukum sesuai perundang-undangan yang berlaku," kata AKBP Dwi Budi Murtiono, Sabtu (4/12/2021).

Meski begitu, Dwi Budi menyebut, pihaknya tetap mengutamakan tindakan persuasif dan humanis kepada masyarakat yang melanggar. Apabila nantinya tak digubris petugas tetap menindak pelaku pelanggaran protokol kesehatan dan ketentuan aturan PPKM.

"Ini sebagai langkah antisipasi agar masyarakat tidak melakukan kegiatan yang menyebabkan kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan seperti pesta kembang api dan lainnya," terang dia.

Kapolres berujar, selama PPKM level 3 nantinya masyarakat diimbau untuk sebisa mungkin berada di rumah, menghindari kerumunan dan perjalanan, serta melakukan kegiatan di lingkungan masing-masing yang tidak berpotensi menimbulkan kerumunan.

Untuk pusat perbelanjaan atau mall, wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat masuk dan keluar dari mall, serta hanya pengunjung dengan kategori kuning dan hijau yang diperbolehkan masuk.

Selain itu perayaan Natal dan Tahun Baru di pusat perbelanjaan dan mall ditiadakan, untuk jam operasional mulai pukul 09.00-22.00 waktu setempat.

Manajemen pusat perbelanjaan dan mall juga harus melakukan pembatasan jumlah pengunjung, tidak melebihi 50 persen dari kapasitas total.

"Penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak kita akan selalu ingatkan, karena jangan sampai varian baru masuk ke Pangkalpinang," sebutnya.

Terkait dengan bioskop, diperbolehkan buka dengan pembatasan kapasitas maksimal 50 persen dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Adapun kegiatan makan dan minum di dalam pusat perbelanjaan atau mall dilakukan dengan pembatasan kapasitas maksimal 50 persen.

"Pelaku usaha rumah makan, kafe dan tempat hiburan agar mematuhi jam operasional sesuai dengan aturan dalam PPKM level 3 yang berlaku mulai tanggal 24 Desember sampai 2 Januari 2022," tukas Dwi Budi.

(Posbelitung.co/Cepi Marlianto)

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved