Breaking News:

Kapolda Babel Pimpin Apel Gabungan, Siapkan 352 Personel dan Peralatan buat Antisipasi Bencana Alam

Curah hujan yang tinggi bisa menyebabkan terjadinya banjir, termasuk banjir rob yang juga kerap terjadi di sejumlah wilayah di Babel.

Penulis: Jhoni Kurniawan | Editor: Novita
Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Kapolda Babel, Irjen Pol Yan Sultra, Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah, bersama unsur Forkopimda Babel, mengecek kesiapsiagaan personel apel gabungan kesiapan satuan tugas dan peralatan SAR/evakuasi dalam mengantisipasi bencana alam di Provinsi Babel, Selasa (7/12/2021). 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Yan Sultra, memimpin apel gabungan kesiapan satuan tugas dan peralatan SAR/evakuasi dalam mengantisipasi bencana alam di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa (7/12/2021).

Selain jajaran Polda Babel, apel yang digelar di halaman kantor Gubernur Babel ini juga diikuti oleh unsur TNI, Basarnas dan unsur lainnya, termasuk dari unsur Forkopimda Provinsi Babel.

Kapolda Babel, Irjen Pol Yan Sultra, mengatakan, seluruh aspek dan proses penanggulangan diprioritaskan sebelum meluasnya bencana alam yang terjadi di wilayah Bangka Belitung.

Saat ini, lanjutnya, di Babel telah memasuki musim penghujan hingga Februari 2022 mendatang.

Oleh sebab itu diperlukan kewaspadaan dalam menghadapi cuaca ekstrem.

Curah hujan yang tinggi bisa menyebabkan terjadinya banjir, termasuk banjir rob yang juga kerap terjadi di sejumlah wilayah di Babel.

Yan Sultra mengatakan, apel ini merupakan paradigma responsif ke arah penyelamatan dan penanggulangan terhadap bencana yang akan terjadi, karena bencana pada dasarnya tidak dapat diprediksi secara akurat.

"Oleh karena itu, apapun upaya kita diharap dapat menjadi langkah penanggulangan. Dan untuk itu perlu dibangun sistem kesiapsiagaan dengan konsep penanggulangan juga," kata Yan Sultra.

Provinsi Bangka Belitung, imbuhnya, terdiri dari enam kabupaten dan satu kota. Sehingga melalui apel ini diharapkan dapat memelihara atau memperkuat upaya pencegahan perluasan bencana.

"Apel ini kita gelar untuk menjadi respons demi mengantisipasi bahaya yang ada, dan nantinya akan kita siapkan posko-posko di tiap wilayah di Babel, dan juga terkhusus wilayah yang dianggap rawan terjadi banjir," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved