3 Sekolah Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Belitung 2021

Dengan demikian, kini ada 31 sekolah yang masuk dalam daftar Sekolah Adiwiyata Kabupaten Belitung.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, menyerahkan penghargaan Sekolah Adiwiyata di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, Jumat (10/12/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak tiga sekolah meraih penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Belitung 2021.

Ketiganya yakni, SMP Keluarga Universal, SMP Negeri 1 Tanjungpandan dan SD Negeri 24 Tanjungpandan.

Dengan demikian, kini ada 31 sekolah yang masuk dalam daftar Sekolah Adiwiyata Kabupaten Belitung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Edi Usdianto, mengemukakan, Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang dinilai berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS).

"Penghargaan Adiwiyata ini bukanlah perlombaan dan tidak ada pemenangnya. Akan tetapi dalam pelaksanaannya diharapkan sekolah-sekolah yang memenuhi syarat untuk menerima penghargaan Adiwiyata dapat mengajak sekolah lain dan mengimbas ke masyarakat dan lingkungan sekitarnya untuk dapat melaksanakan upaya-upaya perlindungan lingkungan hidup," jelasnya, Jumat (10/12/2021).

Sebelumnya, pembinaan telah dilakukan oleh Tim Pembina Adiwiyata Kabupaten kepada sekolah yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung.

Dilanjutkan penyampaian dokumen laporan pelaksanaan Gerakan PBLHS kepada Tim Penilai Adiwiyata Kabupaten.

Kemudian dokumen tersebut dinilai oleh Tim Penilai Adiwiyata Kabupaten dan dilakukan penetapan Sekolah Adiwiyata Kabupaten.

Barulah ketiga sekolah tersebut mendapat Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten.

Selanjutnya diharapkan seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Belitung dapat melaksanakan program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) dan mendapat penghargaan Adiwiyata.

Ia menjelaskan, Penghargaan Adiwiyata ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat sekolah yang peduli dan juga berbudaya dalam lingkungan dengan menciptakan kondisi yang lebih baik bagi sekolah.

Dengan demikian dapat tercipta upaya pelestarian lingkungan hidup.

Disamping juga meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah, melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi.

Juga meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved