Lawan Covid19

3 Langkah Mencegah Penularan Covid-19 dan Varian Omicron di Masa Nataru

Jelang liburan Natal dan Tahun Baru, pemerintah memperketat aturan perjalanan, disiplin protokol kesehatan dan meningkatkan vaksinasi Covid-19.

Editor: Fitriadi
(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Petugas keamanan bandara berjaga saat wisatawan asal China baru mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (28/1/2020). WNA Punya Riwayat Perjalanan ke China Ditolak Masuk Bali, Cegah Penyebaran Virus Corona ke Indonesia 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Jelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), pemerintah memperketat aturan perjalanan, disiplin protokol kesehatan dan meningkatkan vaksinasi Covid-19.

Upaya ini dilakukan pemerintah untuk mencegah meningkatnya penularan Covid-19 di masyarakat.

Terlebih, saat ini sudah ada satu kasus pasien positif tertular varian baru Covid-19, Omicron.

Temuan ini diungkap Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Menkes mengumumkan, seorang pekerja kebersihan (N) di Wisma Atlet terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

Di akhir tahun ini, masyarakat Indonesia diminta waspada dan meningkatkan disiplin protokol kesehatan serta mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Juru Bicara (Jubir) Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan, berkaca dari pengalaman libur panjang beberapa waktu terakhir, lemahnya penerapan protokol kesehatan dan juga lonjakan mobilitas warga menjadi salah satu pemicu paparan terhadap virus Covid- 19.

Baca juga: Adegan Mesra Cupi Cupita dan Suami, Bintang Bagus Sampai Pejamkan Mata Hingga Sebut Puas Banget

Baca juga: Obat Kuat Sudah Bereaksi, Pria Tak Tahan Coba Paksa Setubuhi Adik Ipar, Ngamuk Nafsu Tak Tersalur

Baca juga: Polisi Gelar Rekonstruksi Pembunuhan di Hotel Belitong, Tersangka Ilham Peragakan 34 Reka Adegan

Terlebih, menjelang hari raya Natal serta tahun baru ini, potensi kerumunan yang menyebabkan penyebaran Covid-19 mungkin saja bisa terjadi.

Maka, Dedy mengatakan, pemerintah menghimbau masyarakat agar tetap memperhatikan aturan yang ada selama periode Natal dan tahun baru ini.

Hal itu disampaikan Dedy saat konferensi pers Menolak Hoaks Covid-19 #IndonesiaBisa yang disiarkan kanal YouYube Kominfo TV, Kamis (16/12/2021).

"Menjelang periode hari raya Natal pemerintah kembali meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Bagi masyarakat yang akan melakukan mobilitas pemerintah menghimbau agar masyarakat memperhatikan aturan pengetatan perjalanan yang telah ditetapkan," kata Dedy.

Dedy juga mehimbau kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melaksanakan penetapan dan pengawasan protokol kesehatan di tempat-tempat yang berpotensi menyebabkan kerumunan. Misalnya, gereja hingga tempat wisata lokal.

"Menjelang hari raya Natal seperti gereja atau tempat yang difungsikan sebagai tempat ibadah Natal tempat perbelanjaan dan tempat wisata lokal," terang Dedy.

Cara Mencegah Merebaknya Penularan Omicron di Indonesia

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved