Breaking News:

Replika SD Laskar Pelangi Tetap Eksis Jadi Tempat Bersantai dan Berfoto

Film yang dirilis dan booming pada tahun 2008 tersebut, mengangkat kisah inspiratif para pelajar SD di Belitung Timur.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: Novita
Posbelitung.co/Arya Bima Mahendra
Tempat wisata Replika SD Laskar Pelangi yang berlokasi di Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Siapa yang tak kenal film Laskar Pelangi yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya penulis ternama, Andrea Hirata?

Film yang dirilis dan booming pada tahun 2008 tersebut, mengangkat kisah inspiratif para pelajar SD di Belitung Timur.

Banyak hal yang terangkat dari kisah sukses film Laskar Pelangi. Mulai dari kebudayaan masyarakat Belitung, pelakon, hingga latar tempatnya.

Satu di antaranya adalah SD Muhammadiyah Gantung atau dikenal juga dengan sebutan SD Laskar Pelangi, yang menjadi tempat ikonik dalam kisah Laskar Pelangi.

Berlokasi di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabuapten Belitung Timur, SD Muhammadiyah Gantung tetap eksis dikunjungi oleh para wisatawan.

Meskipun hanya replika, bangunan SD Muhammadiyah Gantung terlihat sangat mirip seperti yang ada di film.

Bahkan, sebuah batang pohon yang menopang bagian kanan bangunan SD, terlihat sama persis pada cerita Laskar Pelangi yang mendunia itu.

Pengunjung berfoto di dalam replika SD Laskar Pelangi yang berlokasi di, Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.
Pengunjung berfoto di dalam replika SD Laskar Pelangi yang berlokasi di, Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. (Posbelitung.co/Arya Bima Mahendra)

Di bagian dalam bangunan SD, beberapa meja dan kursi masih tertata rapi dan cocok untuk dijadikan tempat foto seolah-olah sedang belajar.

Sementara sejumlah foto cuplikan film Laskar Pelangi juga terpajang di dinding di dalam kelas.

Berjarak sekitar 30 menit dari pusat Kota Manggar, Replika SD Muhammadiyah Gantung tetap ramai dikunjungi masyarakat sekitar yang sekadar ingin bersantai ataupun berfoto ria.

Pasalnya, tak jauh dari lokasi bangunan SD, terdapat banyak pondok-pondok yang berjualan aneka macam minuman dan makanan.

Kerennya lagi, kamu tak perlu merogoh kocek sepeser pun untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut.

Oleh karena itu, kurang afdol rasanya jika kamu datang ke Pulau Belitung, namun tak mengunjungi tempat wisata yang ikonik ini. Posbelitung.co/Arya Bima Mahendra)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved