Breaking News:

Advertorial

BRI Dukung Kegiatan Ekspor Impor di Babel

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan provinsi yang sangat potensial khususnya di bidang pariwisata dan sektor industri

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Tedja Pramana
Adel
Foto bersama usai acara pembukaan BRI Business Gathering Ekspor Impor di BW Suite Belitung 

BANGKAPOS.CO - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merupakan provinsi yang sangat potensial khususnya di bidang pariwisata dan sektor industri dengan produk yang mempunyai kualitas ekspor.

Adapun produk-produk unggulan ekspor di Provinsi Kepulauan Babel antara lain lada, hasil kelautan dan perikanan, dan CPO.

Potensi yang saat ini dikembangkan adalah ekspor madu, yang nantinya diharapkan akan menjadi salah satu produk ekspor yang prospektif.

Gelar Business Gathering Eksportir

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk selaku lembaga keuangan yang berfokus pada UMKM senantiasa berupaya mendukung kegiatan usaha masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali pada kegiatan ekspor khususnya di Provinsi Kepulauan Babel.

Sebagai bentuk dukungan tersebut, BRI Regional Office Palembang mengadakan Acara Business Gathering Eksportir Cluster Bangka Belitung pada hari Rabu, 22 Desember 2021 bertempat di BW Suite Hotel Tanjungpandan dengan tema Stronger Together Bersinergi Menghadapi Pandemi Bersama BRI di Bangka Belitung Bisa Tingkatkan Ekspor.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Belitung, H Sahani Saleh S.Sos dan juga dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Babel, Tantan Heroika Sukmadrajat SE, ME; General Manager PT Pelindo Regional 2 Tanjungpandan Kabupaten Belitung, Hambar Wiyadi; Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tanjungpandan, Jerry Kurniawan SE, ME serta Kepala Dinas Koperasi dan USaha Kecil & Menengah, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Adnizar SH.

Acara tersebut juga dihadiri oleh 30 eksportir di wilayah Provinsi Kepulauan Babel.

Anto Ariyanto, selaku Regional CEO BRI Palembang yang membawahi tiga provinsi yaitu Sumatera Selatan, Jambi, dan Kepulauan Babel menyampaikan, Provinsi Babel mempunyai potensi yang luar biasa besar dalam kegiatan ekspor, untuk itu BRI mendukung sepenuhnya dengan menyediakan pelayanan perbankan kegiatan ekspor di tiga (tiga) Unit Kerja BRI, yaitu Kantor Cabang Sungai Liat, Kantor Cabang Tanjungpandan dan Kantor Cabang Pangkalpinang.

BRI juga mempunyai platform-platform Digital yang memudahkan eksportir untuk bertransaksi secara mudah dan aman di BRI seperti Cash Management System dan BRICAMS yang memiliki fitur yang lengkap untuk memudahkan eksportir bertransaksi secara digital dari mana saja.

“BRI dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkomitmen untuk bersinergi meningkatkan kegiatan ekspor melalui pengembangan cluster-cluster usaha yang telah ada untuk membentuk ekosistem payment yang mendukung inklusi keuangan. Salah satunya adalah Cluster Ikan Rebus di Tanjung Kelayang dimana BRI menyediakan Platform Digital berupa PARI (Pasar Rakyat Indonesia) yang mengkoneksikan pengusaha cluster ikan di seluruh wilayah Indonesia sehingga diharapkan pasar dari cluster ikan terus berkembang lebih luas lagi,” tambahnya.

“Untuk selanjutnya, BRI berkomitmen kuat untuk menjadikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Cluster Digital di segala bidang, termasuk sektor pariwisata, pertambangan, dan kelautan & perikanan,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Bupati Belitung, H Sahani Saleh S.Sos yang menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Belitung sangat mendukung kegiatan Gathering yang dilakukan BRI pada hari ini.

Menurutnya, para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Belitung dan memiliki potensi ekspor dapat belajar banyak dari kegiatan gathering tersebut, seperti ketentuan dan regulasi terkait ekspor, serta tatacara pemenuhan dokumen ekspor, serta bagaimana memanfaatkan perbankan untuk mendukung kegiatan ekspor.

Pemerintah Kabupaten Belitung terus berkomitmen untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendukung kegiatan ekspor seperti renovasi Pelabuhan Tanjung Batu yang saat ini masih dalam tahap proses penyelesaian sehingga diharapkan pada awal tahun 2022 dapat beroperasi penuh mendukung kegiatan perniagaan dan ekspor di Kabupaten Bangka Belitung. (*)

Foto bersama usai acara pembukaan BRI Business Gathering Ekspor Impor di BW Suite Belitung
Foto bersama usai acara pembukaan BRI Business Gathering Ekspor Impor di BW Suite Belitung (Adel)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved