Breaking News:

Video

Pelabuhan Tanjung Batu Selesai Diperbaiki, Firdaus Zamri : Ekspor Hasil Perikanan Belitung Bertambah

Ekspor hasil perikanan lebih dari jumlah tersebut, karena banyak barang pengemasan dan pengirimannya tercatat dari Jakarta untuk selanjutnya dikirim

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Tedja Pramana

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri mengatakan pada 2020 lalu ekspor hasil perikanan dari Belitung tercatat sebanyak dua ribu ton.

Ia meyakini ekspor hasil perikanan lebih dari jumlah tersebut, karena banyak barang pengemasan dan pengirimannya tercatat dari Jakarta untuk selanjutnya dikirim ke luar negeri. 

"Dalam dokumen tujuan Jakarta, kami yakini barang dibawa keluar, karena barang kita (Belitung, red) kualitas ekspor, terutama cumi dan ikan birai," katanya, Kamis (23/12/2021).

Firdaus optimistis jika Pelabuhan Tanjung Batu yang kini tengah diperbaiki sudah berfungsi sebagaimana mestinya, maka frekuensi dan jumlah ekspor hasil perikanan bertambah.

Jika pelabuhan ekspor di Belitung beroperasi, maka operasional kapal reefer dapat lancar karena tidak perlu antre bongkar muat. 

Ia menjelaskan, sejauh ini proses ekspor hasil perikanan terbilang lancar. Memang sempat ada kendala saat Pelabuhan Tanjung Batu dan Tanjung Ru diperbaiki, sehingga terjadi penumpukan luar biasa di unit pengelolaan ikan (UPI).

Setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti operator kapal dan Pelindo, proses ekspor dapat dilakukan melalui kapal reefer atau kapal kargo berpendingin. 

"Memang ekspor sekarang melalui Jakarta, tapi barang tidak dibuka lagi. Barang masih dalam kontainer, tinggal pindah kapal, sehingga tercatat barang Belitung. Kalau ekspor, masuk sebentar di Jakarta, kalau sudah ada kapal siap ke Singapura atau Malaysia, tinggal memindahkan kontainer ke kapal," ucapnya. 

"Ketika melakukan ekspor ada pajak yang dibayar, bagi hasil porsinya lebih besar kita, karena barangnya dari Belitung," tambah Firdaus.  (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved