KPU Beltim Siap Beri DPT yang Telah Dimutakhirkan, Bantu Pilkades Serentak

Data tersebut akan sangat membantu panitia Pilkades dalam memvalidasi pemilih di desa masing-masing.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Tedja Pramana
Ist/pribadi
Komisioner KPU Belitung Timur Rizky Rinaldi. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur (Beltim) mengaku siap mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan beberapa waktu ke depan.

Dukungan tersebut berupa memberi data DPT yang telah dimutakhirkan pada Pemilihan Bupati tahun 2020.

Menurutnya, data tersebut akan sangat membantu panitia Pilkades dalam memvalidasi pemilih di desa masing-masing.

"Melihat fenomena penyelenggaraan Pilkades, dimana ada proses terkait pemutakhiran data pemilih, maka KPU Beltim siap sharing data DPT Pilbub 2020 untuk dipergunakan sebagai data awal pemutakhiran oleh panitia desa," ujar Komisioner KPU Belitung Timur Rizky Rinaldi yang membawahi Divisi Data KPU Beltim, Senin (27/12/2021).

Rizky bilang KPU Beltim sebagai lembaga penyelenggara teknis pemilihan sangat terbuka memberikan masukan agar tahapan pemutakhiran data pemilih di tingkat desa berjalan dengan baik.

"Kami siap bekerja sama terkait data-data yang diperlukan termasuk saran teknis penyelenggaraan agar Pilkades kita benar-benar diselenggarakan secara demokratis dan legitimate," ucapnya.

Diakuinya KPU Beltim memang telah menerima permintaan data pemilih beberapa desa. Namun ditegaskannya, desa lainnya pun bisa mendapatkan apabila dianggap perlu.

"Sejauh ini hanya beberapa desa melalui panitianya yang meminta data DPT ke KPU, biar seragam alangkah baiknya dilakukan dalam satu pintu oleh panitia kabupaten/dinas terkait," kata Rizky.

Meski demikian, data pemilih yang diberikan KPU Beltim bukan berarti ada intervensi kepada panitia Pilkades.

Namun, KPU Beltim menempatkan lembaganya sebagai pihak yang siap membantu demi suksesnya penyelenggaraan Pilkades Serentak.

"KPU dalam hal ini bukan pihak-pihak yang akan mengintervensi penyelenggaraan Pilkades, namun sebagai pihak atau lembaga yang siap diajak bekerja sama," katanya.

( Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved