Breaking News:

Video Belitung

Penumpang Pesawat Belitung Menurun, Perkiraan Arus Balik Penumpang Tanggal 2 Januari

Penurunan pergerakan penumpang tersebut disebabkan periode libur sekolah yang sudah dimulai atau sejak tanggal 19 Desember 2021 lalu.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Tedja Pramana

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pergerakan penumpang pesawat di Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung menjelang akhir tahun mengalami penurunan.

Penurunan tersebut sangat terlihat dibandingkan periode menjelang natal pekan kemarin.

Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Cabang Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan Untung Basuki mengatakan, penurunan pergerakan penumpang tersebut disebabkan periode libur sekolah yang sudah dimulai atau sejak tanggal 19 Desember 2021 lalu.

"Jadi memang puncak arus pergerakan di bandara sudah mencapai puncaknya 19 Desember, hingga mencapai 1.800 pergerakan penumpang. Menjelang tahun baru ini, justru hanya diangka 1.100 pergerakannya, kemungkinan karena sudah mengambil liburan," kata Untung Basuki, Kamis (30/12/2021).

Jadwal masuk siswa sekolah pada 3 Januari 2022 mendatang turut mengimbas pergerakan arus balik yang diperkirakan terjadi pada sekitar tanggal 1-2 Januari 2022.

Untung menjelaskan, sebelum Natal pergerakan pesawat baik yang take off maupun landing ada sebanyak 16 pergerakan. Kini, pergerakan pesawat berkurang dengan kisaran 12-14 pergerakan per harinya.

Tingkat keterisian atau okupansi pesawat saat ini sekitar 60-70 persen. Padahal saat puncak pergerakan 19 Desember lalu, okupansinya mencapai 92 persen untuk keberangkatan dan 83 persen kedatangan, artinya berkisar antara 80-90 persen.

"Menjelang pergantian tahun kemungkinan masih akan sama, stabil seperti ini. Kemungkinan Minggu diperkirakan ada arus baliknya," tuturnya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved