Breaking News:

Advertorial

2022 : Tahun Pemulihan Ekonomi Melalui Penguatan Potensi Unggulan Daerah

Pemerintah Kabupaten Belitung tetap berkomitmen agar pelaksanaan belanja urusan pelayanan dasar tetap menjadi prioritas.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Novita
ISTIMEWA
Bupati Belitung dan Wakil Bupati Belitung berfoto bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.  

2022: Tahun Pemulihan Ekonomi Melalui Penguatan Potensi Unggulan Daerah

SELARAS dengan tema pembangunan Pusat dan Provinsi, sekaligus sebagai salah salah satu wujud sinergitas pembangunan itu sendiri, maka tema pembangunan Kabupaten Belitung Tahun 2022 adalah Pemulihan Ekonomi Melalui Penguatan Potensi Unggulan Daerah”.

Pastinya tema ini akan tetap sejalan dengan amanat Permendagri Nomor 27 Tahun 2021 agar Pemerintah Daerah tetap mengalokasikan anggaran yang memadai untuk mendukung penanganan pandemi Covid-19 dan dampaknya.

Oleh karena itu, Bupati Belitung H.Sahani Saleh, S.Sos., dalam penyampaian Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2022 menyebutkan bahwa secara umum, Belanja Daerah selama Tahun 2021 mengalami dinamika yang cukup signifikan.

Perubahan alokasi belanja yang merupakan dampak dari penyesuaian besaran transfer dana pusat ke daerah menyebabkan terjadinya refocusing terhadap beberapa kegiatan dan komponen belanja. Hal ini menyebabkan penyesuaian pada target kinerja belanja yang sudah direncanakan.

Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Belitung tetap berkomitmen agar pelaksanaan belanja urusan pelayanan dasar tetap menjadi prioritas meskipun secara nasional banyak terjadi penyesuaian postur APBN yang berdampak pada kerangka pendapatan dan belanja pada Postur APBD Kabupaten Belitung.

Berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Belitung Tahun 2022, prioritas pembangunan tahun 2022 antara lain:
1. Penguatan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif;
2. Penguatan Pertanian dan Perikanan;
3. Peningkatan Kesehatan;
4. Peningkatan Kualitas Pendidikan;
5. Peningkatan Infrastruktur Strategis; dan
6. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik.

Keenam prioritas pembangunan tersebut pastinya sejalan dengan visi Kabupaten Belitung Tahun 2018-2023, yaitu “Mewujudkan ekonomi yang berkeadilan, berdaya saing, dan inovatif di Kabupaten Belitung Tahun 2023”, melalui misi antara lain upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang berkeadilan, meningkatkan pelayanan birokrasi yang bersih, inovatif, professional, akuntabel, dan transparan serta meningkatkan ekonomi berbasis potensi daerah yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Berdasarkan visi dan misi tersebut berikut tabel Capaian Indikator Kinerja dan sasaran Perubahan RPJMD Kabupaten Belitung Tahun 2021.

3 (Tiga) Sektor Unggulan

Pemerintah Kabupaten Belitung konsisten dengan 3 (tiga) sektor prioritas pembangunan sesuai dengan potensi kewilayahan yang dimiliki, yaitu: sektor Perikanan dan Kelautan, Pariwisata serta Perhubungan.
Urusan Perikanan pada APBD Tahun Anggaran 2021 diarahkan untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan perekonomian di Sektor Perikanan dengan kegiatan diantaranya Pemberdayaan Nelayan Kecil dalam Daerah Kabupaten/Kota, Pemberdayaan Pembudi Daya Ikan Kecil, Pengelolaan Pembudidayaan Ikan serta Penyediaan dan Penyaluran Bahan Baku Industri Pengolahan Ikan dalam 1 (satu) Daerah Kabupaten/Kota.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved