Breaking News:

Erzaldi Rosman

Gubernur Erzaldi Bertemu Sejumlah Tokoh Agama, Bahas Peran Ponpes dalam Tingkatkan Pendidikan Akhlak

Dalam pertemuan itu, Erzaldi berdiskusi ringan tentang peran pondok pesantren (ponpes), khususnya dalam pendidikan adab dan akhlak.

Penulis: Riki Pratama | Editor: Novita
IST/Dokumentasi Kominfo Babel
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, bersilaturahmi dengan sejumlah tokoh agama di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur Babel, Senin (5/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, bersilaturahmi dengan sejumlah tokoh agama di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur Babel pada Rabu (5/1/2022).

Dalam pertemuan itu, Erzaldi berdiskusi ringan tentang peran pondok pesantren (ponpes), khususnya dalam pendidikan adab dan akhlak.

Menurut Erzaldi, dewasa ini pengajaran adab dan akhlak kepada para santri harus menjadi prioritas, tentunya bersamaan dengan pendidikan ilmu agama.

"Kita harus merumuskan agar menghasilkan formula yang dapat mendorong pihak ponpes memasukkan pendidikan tasawuf. Agar bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari, maka saya mengundang MUI, Baznas, dan pihak ponpes, terkait langkah apa yang harus kita perbuat," kata Gubernur Erzaldi dalam rilis yang diterima Posbelitung.co, Rabu (5/1/2022).

Mantan Bupati Bangka Tengah ini mengatakan, dalam sistem pendidikan, kapasitas atau kemampuan tenaga pengajar harus terus ditinjau dan ditingkatkan, karena sebagai garda pertama dalam proses pengajaran dan pendidikan dalam mendidik para santri dan santriwati.

Disamping itu, Gubernur Erzaldi juga memaparkan bahwa lembaga ponpes maupun Tahfiz Qur'an sebagai benteng pendidikan keagamaan dan akhlak merupakan penolong keterpurukan generasi.

Memang sebagian pesantren di Babel sudah mengajarkan pendidikan tasawuf, namun tidak semua menerapkannya. Sehingga, diperlukan adanya semacam badan guna memastikan pelaksanaan sistem pendidikan itu berjalan dengan baik.

"Ini tanggung jawab kita sebagai umarah. kalau kita biarkan terus menerus, secara tidak langsung akan melemahkan umat Islam tanpa kita rasakan," jelasnya.

Dorongan untuk memajukan ponpes di Bumi Serumpun Sebalai, juga terus menjadi prioritas Gubernur Erzaldi.

Selain gelontoran bantuan yang rutin Pemprov Babel berikan ke ponpes, dalam hal pendidikan, pihaknya juga memberikan sejumlah beasiswa pendidikan kepada masyarakat Babel yang mampu menghafal Al-Qur'an (hafiz).

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved