Breaking News:

Camat Tanjungpandan Sebut Belum Ada Respons Soal Pemekaran Desa dari Pemdes Setempat

Ia menjelaskan berbicara pemekaran desa, kecamatan hanya berperan sebagai fasilitator antara pemerintah desa dan kabupaten.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Novita
Posbelitung.co/Dede Suhendar
Camat Tanjungpandan, Sanwani 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung, Sahani Saleh, melalui Bagian Pemerintahan telah menerbitkan surat nomor 701/1/2021 tertanggal 18 Oktober 2020, meminta para camat dan dinas teknis segera mengidentifikasi dan verifikasi desa yang memenuhi syarat untuk dimekarkan.

Menindaklanjuti instruksi tersebut, Camat Tanjungpandan, Sanwani, kembali bersurat kepada Kades dan BPD Air Saga agar segera menyampaikan data dan dokumen pendukung tertanggal 17 November 2021.

Namun hingga saat itu, surat tersebut belum direspons oleh pemerintah desa setempat.

"Kalau sampai sekarang belum ada yang minta koordinasi, tapi surat itu (bupati) sudah kami tindaklanjuti," kata Camat Tanjungpandan, Sanwani, kepada Posbelitung.co, Kamis (6/1/2022).

Ia menjelaskan berbicara pemekaran desa, kecamatan hanya berperan sebagai fasilitator antara pemerintah desa dan kabupaten.

Sehingga jika memang usulan belum muncul dari masyarakat, pihak kecamatan tidak bisa ikut campur.

Sebab secara aturan, pemekaran desa maupun kelurahan harus diprakarsai oleh masyarakat ditindaklanjuti desa atau kelurahan.

"Secara garis besar, kami fungsinya sebagai fasilitator antara desa dan kabupaten. Karena teknisnya memang di kabupaten," imbuhnya.

Selain itu, Sanwani juga tak menampik sempat mendengar informasi terkait wacana pemekaran Kelurahan Pangkal Lalang.

Namun, hingga saat ini usulan tersebut belum pernah disampaikan kepada kecamatan.

"Kalau bicara bisa atau tidak, itu masyarakat yang merasakan. Misalnya mereka merasa butuh pemekaran, itulah yang jadi dasarnya," kata Sanwani. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved