Breaking News:

Desa Air Saga Bakal Jadi Pilot Project Pemekaran Desa di Kabupaten Belitung

Jika raperda sudah diundangkan, lanjutnya, DPPKBPMD akan menggelar sosialisasi kepada 42 desa se-Kabupaten Belitung.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Novita
Posbelitung.co/Dede Suhendar
Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, DPPKBPMD Kabupaten Belitung, Antonio Apriza 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung, Antonio Apriza, mengatakan, Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, akan menjadi pilot project pemekaran desa.

Sebab, dari sisi jumlah penduduk dan administrasi, Desa Air Saga dianggap memenuhi persyaratan.

Bahkan Bupati Belitung, Sahani Saleh, melalui Bidang Pemerintahan telah menerbitkan surat yang ditindaklanjuti Camat Tanjungpandan, menunjuk Desa Air Saga agar segera menyampaikan data dan dokumen pendukung berkaitan dengan pemekaran desa.

"Salah satu sasaran kami, kemungkinan nanti Desa Air Saga akan menjadi pilot project pemekaran desa. Karena secara jumlah penduduk dan administrasi, mereka sudah memenuhi syarat," jelas Anton kepada Posbelitung.co, Kamis (6/1/2022).

Selain itu, lanjutnya, terdapat dua desa yang sudah mengajukan proposal pemekeran resmi, yakni Desa Tanjung Binga dan Air Seruk wilayah Kecamatan Sijuk.

Menurutnya, dua desa tersebut sudah melalui tahap musyawarah desa hingga pengusulan proposal.

Akan tetapi, Pemkab Belitung masih menunggu pengesahan raperda yang mengatur tentang penataan desa di tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

"Raperda kemarin sudah disahkan oleh DPRD melalui paripurna, sekarang sudah di provinsi dan Insyaallah bulan ini selesai," bebernya.

Jika raperda sudah diundangkan, lanjutnya, DPPKBPMD akan menggelar sosialisasi kepada 42 desa se-Kabupaten Belitung.

Kemudian, tahap selanjutnya pemda akan membentuk tim verifikasi untuk meneliti proposal yang sudah diajukan. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved