Breaking News:

Desa Air Saga Belitung Siap Dimekarkan, Kepala Desa Tunggu Usulan Masyarakat

Secara garis besar, Desa Air Saga sendiri memiliki jumlah penduduk yang hampir mencapai 11 ribu jiwa, ditambah wilayahnya juga cukup luas.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Novita
Posbelitung.co/Dede Suhendar
Kantor Desa Air Saga yang beralamat di Jalan Raya Sijuk, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Foto diambil beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Desa Air Saga disebut-sebut akan menjadi pilot project pemekaran desa di wilayah Kabupaten Belitung.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Air Saga, Ismanto, mengakui, bahwa usulan pemekaran desa sempat disampaikan dalam musyawarah dusun tahun 2019 lalu.

Namun semenjak dirinya menjabat 2020, usulan tersebut justru tidak disampaikan kembali.

"Intinya kami dari desa ini siap, dalam artian memberikan data yang dibutuhkan kabupaten. Tapi aspirasinya tetap dari masyarakat dan sampai saat ini kami menunggu respons itu," kata Ismanto kepada Posbelitung.co, Kamis (6/1/2022).

Secara garis besar, Desa Air Saga sendiri memiliki jumlah penduduk yang hampir mencapai 11 ribu jiwa, ditambah wilayahnya juga cukup luas.

Jika dimekarkan, terdapat dua wilayah yang disiapkan, yaitu Dusun Air Serkuk dan Suka Damai.

"Memang rata-rata di satu RT jumlah KK-nya ada yang sudah lebih. Kami di desa terkendala jika RT dipecah anggaran insentifnya tidak ada," beber Ismanto.

Sementara itu, Ketua BPD Air Saga, Mulyadi, menambahkan dirinya sudah berkoodinasi secara lisan dengan Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPPKBPMD, tentang rencana pemekaran desa.

Sebab, regulasi berupa perda yang mengatur penataan wilayah desa masih disiapkan.

"Kami masih menunggu regulasi dan sosilasi dari kabupaten. Selanjutnya baru disampaikan ke masyarakat dan mulai tahapannya," kata Mulyadi. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved