Breaking News:

Penumpang Pejalan Kaki Melintas di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Naik 77 Persen Selama Nataru

Sementara untuk kendaraan pribadi baik roda dua atau empat, juga mengalami kenaikan walaupun tak sesignifikan penumpang pejalan kaki.

Penulis: Rizky Irianda Pahlevy | Editor: Novita
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Aktivitas di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat, Kamis (6/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat, mencatat pergerakan penumpang pada periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), yakni 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan periode Nataru sebelumnya.

General Manager PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Christopher Samosir, mengemukakan, terjadi kenaikan volume sebesar 77 persen jika dibandingkan dengan periode Nataru sebelumnya, terutama di sektor penumpang pejalan kaki.

"Kalau dari pantauan posko Nataru kita sejak 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, untuk penumpang pejalan kaki yang kita seberangkan ada 4.113 orang. Capaian ini meningkat dari tahun 2020 silam, yang hanya ada 2.323 penumpang," kata Christopher, Kamis (6/1/2022).

Sementara untuk kendaraan pribadi baik roda dua atau empat, juga mengalami kenaikan walaupun tak sesignifikan penumpang pejalan kaki, yakni sekitar 21 hingga 24 persen.

Sedangkan kendaraan truk atau logistik, juga mengalami kenaikan sekitar 25 persen.

"Kendaraan pribadi yang menyeberang ada 3.062 kendaraan, dibandingkan tahun lalu hanya 2.489 kendaraan. Untuk truk atau logistik kita mencatat sebanyak 2.015 kendaraan, dan periode tahun lalu hanya tercatat 1.624 kendaraan," jelasnya.

Mengenai penyebab meningkatnya jumlah penumpang pada penyeberangan kali ini, lanjutnya, dikarenakan faktor kelonggaran aturan penyeberangan saat PPKM.

"Selain memang momentum libur perayaan hari besar dan liburan anak sekolah. Faktor meningkatnya jumlah penumpang ialah kelonggaran aturan PPKM. Penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan, namun tidak ada pelarangan penyeberangan," tambah Christopher.

Dengan adanya sejumlah peningkatan di berbagai sektor, PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok pun telah menambah jam operasional kapal serta menambah area tampung kendaraan di area pelabuhan.

"Penambahan trip kapal melalui extra trip, terus melakukan operasi kantong parkir sementara. Untuk faktor cuaca kita selalu berkoordinasi dengan pihak BMKG, dan berterima kasih bantuan tim posko dari TNI Polri, Basarnas, Dishub, Dinkes, Pramuka dan lain-lain," imbuhnya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy).

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved