Breaking News:

Anggota Fordas Belitung Timur Yudi Amsoni Digeruduk Massa di Rumahnya, Dipicu Unggahan soal Tambang

Pada intinya, dia tidak akan lagi mengunggah status di akun Facebook tentang kegiatan tambang timah ilegal di DAS Manggar.

IST/Tangkapan Layar Facebook
Kediaman Yudi Amsoni di Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur (Beltim), ramai oleh massa, Kamis (6/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Anggota Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Belitung Timur (Beltim) bernama Yudi Amsoni digeruduk massa di kediamannya di Desa Sukamandi, Damar, Kamis (6/1/2022).

Dalam unggahan video yang beredar di media sosial, Yudi dituntut meminta maaf serta menulis surat pernyataan atas arahan perwakilan massa yang merupakan penambang.

Pada intinya, dia tidak akan lagi mengunggah status di akun Facebook tentang kegiatan tambang timah ilegal di DAS Manggar.

Bahkan pada paragraf kedua disebutkan harus meninggalkan Pulau Belitung karena masyarakat tidak ingin lagi kehadirannya serta dinilai mengganggu keamanan dan ketertiban. Surat itu ditandatangani di atas materai 6000.

Dikonfirmasi peristiwa tersebut, Yudi mengatakan, awalnya memang vokal terhadap isu lingkungan apalagi menyangkut DAS Manggar.

"Saya sering posting soal tambang ilegal di DAS Manggar. Di sana saya juga ada tag kapolda, kapolres, dan bupati," kata Yudi saat dihubungi posbelitung.co, Kamis (6/1/2022) malam.

"Dari sana, kepolisian menertibkan tambang ilegal dengan sistem rajuk yang beroperasi dalam beberapa hari terakhir," ujarnya.

Yudi menilai aksi terhadap dirinya merupakan bentuk tindakan intimidasi, namun tidak sepenuhnya menyalahkan karena dia percaya ada yang memprovokasi. Terlebih yang diunggah juga demi kepentingan lingkungan dan masyarakat.

"Saat ini dia saya sudah meminta bantuan hukum kepada LBH KUBI atas kejadian tadi pagi (kemarin, red)," ujar Yudi.

Mengenai surat pernyataan yang ditulis, dia menegaskan mengikuti apa yang diminta para pendemo.
"Saat menulis itu saya dalam keadaan diintimidasi," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved