Breaking News:

Daya Tampung Mengecil, Sungai Air Ruak Beltim Bakal Dinormalisasi

Lelang pekerjaan normalisasi akan dilakukan pada bulan Februari atau Maret 2022. Saat ini, Bidang SDA masih melakukan pematangan perencanaan.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Tedja Pramana
Posbelitung.co/BryanBimantoro
Kepala Bidang SDA Dinas Pekerjaan Umum Belitung Timur Asep Suhayanto di ruangannya, Rabu (5/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Daya tampung Sungai Air Ruak mulai mengecil, bakal dilakukan normalisasi pada tahun ini dan sudah dianggarkan dalam APBD 2022.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Asep Suhayanto mengatakan kegiatan ini penting dilakukan karena jika daya tampung sungai yang kecil ini dibiarkan maka bisa membuat genangan di sekitarnya.

"Saat hujan lebat rentan sekali terjadi genangan yang tinggi bahkan sampai banjir. Faktor kehandalan sungai sudah berkurang makanya kita bakal normalisasi," kata Asep ditemui di ruangannya, Rabu (5/1/2022).

Ia memperkirakan, lelang pekerjaan normalisasi akan dilakukan pada bulan Februari atau Maret 2022. Saat ini, Bidang SDA masih melakukan pematangan perencanaan.

Selain normalisasi, rencananya pekerjaan selanjutnya adalah revitalisasi sungai maupun aliran sungai yang dianggap rawan banjir. Namun, revitalisasi akan dijalankan setelah ada kajian dan studi di daerah rawan banjir.

"Banyak faktor penyebab banjir. Apakah ada saluran utama sedimen sehingga berubah. Kerapatan sungai berubah dan lain-lain, baru bisa menentukan jenis konstruksi pengendaliannya," jelas Asep.

Asep bilang revitalisasi juga harus didukung ketersediaan anggaran. Adapun opsi anggaran bisa bersumber dari APBD Kabupaten, Balai Besar Sungai, hingga APBN.

"Perlu studi dan pengkajian baru bisa dianggarkan. Apabila tidak bisa di cover melalui APBD, karena kita punya data teknis hasil studi bisa diusulkan melalui balai sungai atau APBN," kata Asep.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved