Breaking News:

Dinsos Belitung Buka Pengajuan Adopsi Bayi Sapta yang Ditemukan Warga Tanjung Rusa Membalong

Kini, bayi yang ditemukan warga Desa Tanjung Rusa, Kecamatan Membalong itu, dirawat di panti yang berada pada pengawasan dinas terkait.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bayi Sapta digendong perawat RSUD Marsidi Judono pada September 2020 lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kabupaten Belitung membuka kesempatan bagi pihak-pihak yang ingin mengadopsi bayi Muhammad Sapta.

Kini, bayi yang ditemukan warga Desa Tanjung Rusa, Kecamatan Membalong itu, dirawat di panti yang berada pada pengawasan dinas terkait.

Kondisi fisiknya pun baik, bahkan bayi Sapta nampak menggemaskan dengan pipi tembem.

"Alhamdulillah kondisinya sehat dan tiap bulan diimunisasi. Sekarang usianya sudah sekitar lima bulan," kata Satuan Bakti Pekerja Sosial Kementerian Sosial, Mia Ardhia, Jumat (7/1/2022).

Setelah ditemukan warga Tanjung Rusa Kamis (16/9/2021) malam, bayi tersebut sempat menjalani perawatan di RSUD Marsidi Judono selama 8 hari.

Setelahnya, bayi Sapta dititipkan di panti asuhan yang berada dalam pengawasan DSPPPA.

Setelah tiga bulan, Desember 2020 lalu, pengadilan menetapkan bayi Sapta sebagai anak terlantar, sehingga proses adopsi kini telah dibuka dinas tersebut.

"Ada tiga pasang yang sudah lengkap, kami juga akan mengajukan home visit. Semuanya tidak punya anak, Masing-masing pasangan ini sudah lama menikah dan memang belum memiliki anak," lanjutnya.

Pihaknya pun masih membuka kesempatan bayi pihak-pihak yang ingin mengajukan proses adopsi anak tersebut.

Mia mengatakan, memang ada beberapa pertimbangan pasangan yang bisa mengadopsi anak tersebut.

Seperti lamanya usia pernikahan, kondisi ekonomi, motivasi mengangkat anak, kondisi sosial, dan psikologis. Tujuannya, agar ke depan jangan sampai anak itu terlantar.

"Termasuk sekarang kondisi anak ini kan sehat, tetapi ke depan ada kemungkinan anak ini sakit, jadi bagaimana kesiapan orang tuanya jika anak ini sakit? Orang tua harus siap dengan kondisi apapun," jelas Mia.

Bagi pasangan yang ingin mengadopsi bayi Sapta, juga bisa datang langsung ke DSPPPA terkait persyaratan administrasi yang diperlukan. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved