Breaking News:

Kapolres Belitung Timur Tegaskan Tidak Ada Pembiaran atas Penggerudukan Rumah Aktivis Lingkungan

Terkait penambangan ilegal yang terjadi di DAS Manggar, dia menegaskan sudah menertibkannya sesuai arahan Kapolda Bangka Belitung.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Novita
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Bupati Belitung Timur, Burhanudin, Ketua DPRD Belitung Timur, Fezzi Uktolseja, dan Kajari Belitung Timur Abdur Kadir, dan Kapolres Belitung Timur, AKBP Taufik Noor Isya, hadir pada konferensi pers di Griya Patriatama Polres Belitung Timur, Jumat (7/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kapolres Belitung Timur, AKBP Taufik Noor Isya, menegaskan, tidak ada sikap pembiaran atas kejadian penggerudukan rumah aktivis lingkungan Yudi Amsoni oleh ratusan penambang, Kamis (6/1/2022) kemarin.

Hal itu dia katakan dalam konferensi pers bersama Bupati Belitung Timur, Burhanudin, Ketua DPRD Belitung Timur, Fezzi Uktolseja, dan Kajari Belitung Timur, Abdur Kadir, di Griya Patriatama Polres Belitung Timur, Jumat (7/1/2022).

Taufik mengatakan, saat kejadian, dirinya sudah menurunkan perwiranya yang bisa memetakan dan menganalisa tindakan apa yang bisa diambil.

Karena saat peristiwa itu terjadi, jumlah personelnya jauh lebih sedikit dari jumlah massa.

"Jadi diputuskan agar cukup mengamankan Yudi jangan sampai terjadi bentrok, sementara personel lainnya menuju ke lokasi. Jadi tidak ada itu pembiaran atas kejadian itu," tegas Taufik.

Terkait penambangan ilegal yang terjadi di DAS Manggar, dia menegaskan sudah menertibkannya sesuai arahan Kapolda Babel.

Taufik juga mengatakan, bahwa pemahaman terhadap makna DAS harus disepahami bersama, tidak hanya dari satu sumber saja.

"Jadi DAS (Daerah Aliran Sungai) itu bukan hanya di aliran sungainya, saja melainkan juga daerah di sekitarnya. DAS juga ada yang sifatnya bisa ditambang dan tidak. Karenanya, saat ini kami sudah memegang peta DAS di Belitung Timur dan akan menganalisanya kemudian mana yang bisa mana yang tidak," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Belitung Timur, Burhanudin, mengajak semua pihak menjaga suasana kondusif, keamanan, dan ketertiban daerah.

Dia minta kerukunan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 harus tetap dijaga.

Burhanudin dia juga mengatakan, kondisi ekonomi di masa pandemi ini masih memprihatinkan untuk masuknya investasi di daerah.

Dia berharap semuanya saling menghormati dan menghargai karena kita adalah bangsa yang bersatu.

Tidak ada kata lain, Belitung Timur harus maju dan harus kompak untuk membuat daerah lebih maju ke depan.

"Terima kasih Bang Yudi dan Pak Amin Noor, sudah menyadarilah masing-masing, dan kita tidak perlu lagi melakukan tindakan-tindakan yang justru merugikan kita semua. Berhati-hati di medsos, berhati-hati kita menggunakan alat komunikasi ini, jangan sampai menimbulkan preseden buruk dan saling fitnah di antara kita," kata Burhanudin. (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved