Breaking News:

Tim Pansus DPRD Belitung Lakukan Penyesuaian pada Perda Pemekaran Desa

Mirza menilai, terkait rencana pemekaran Desa Air Saga, secara umum memang sudah memenuhi kriteria seperti yang diatur dalam perda maupun UU.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Novita
(posbelitung.co /dede s)
Anggota DPRD Kabupaten Belitung Mirza Dallyodi. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Perda Kabupaten Belitung tentang Penataan Desa telah disetujui DPRD dan diteruskan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Anggota DPRD Kabupaten Belitung sekaligus anggota pansus raperda, Mirza Dallyodi, mengatakan, secara umum, Perda tentang Penataan Desa mengadopsi aturan yang lebih tinggi.

Namun, terdapat beberapa modifikasi yang dilakukan pansus guna menyesuaikan dengan kondisi daerah.

"Modifikasi itu misalnya pada saat pemekaran desa itu diawali pemekaran dusun. Artinya, tidak hanya menghitung jumlah penduduk satu desa, tapi juga di dusun yang akan dimekarkan," ujarnya kepada Posbelitung.co, Jumat (7/1/2022).

Sementara untuk syarat jumlah penduduk, tetap mengikuti Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dalam aturan tersebut disebutkan, khusus wilayah Sumatera, jumlah penduduk di desa yang akan dimekarkan minimal delapan ribu jiwa atau 800 KK.

Kemudian, batas usia desa induk minimal lima tahun semenjak dibentuk dan syarat lainnya.

"Kalau yang lain seperti pembentukan, perluasan, penggabungan maupun pembubaran desa itu tetap normatif mengikuti aturan di atas," kata Mirza.

Mirza menilai, terkait rencana pemekaran Desa Air Saga, secara umum memang sudah memenuhi kriteria seperti yang diatur dalam perda maupun undang-undang.

Tetapi harus diawali dengan pemekaran dusun sebagai pondasi desa baru nantinya.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved