Breaking News:

Polisi Bidik Pemilik 173 Kg Timah Ditimbun Nanas yang akan Diselundupkan dari Bangka ke Jakarta

"Kalau informasi sementara dari Balun Ijuk. Kita juga masih melakukan penyelidikan mereka dapat barang dari mana pastinya," jelasnya.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Novita
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Muatan buah nanas yang dibongkar oleh petugas dari Satpol Air Polres Pangkalpinang tampak dipasangi garis polisi, Sabtu (8/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Satuan Polisi Air dan Udara (Sat Polairud) Polres Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih terus melakukan pengembangan terhadap kasus penyelundupan 173 kilogram timah berbagai jenis, dengan modus ditimbun buah nanas untuk mengelabui petugas yang berhasil dibongkar, Sabtu (8/1/2022) pagi.

Polisi saat ini tengah membidik pemilik barang tersebut dan telah memeriksa dua sopir truk yang mengangkut nanas dan lima karung lempeng timah yang telah dilebur dengan berat 150 kilogram, serta satu karung pasir timah dengan berat 23 kilogram.

"Ini masih kita kembangkan untuk para pemilik karung berisi pasir timah ini. Kita juga tengah memburu pemilik barang," kata Kasat Polairud Polres Pangkalpinang, AKP Capt Yordansyah, kepada Bangkapos.com, Sabtu (8/1/2022).

Baca juga: Satpolair Polres Pangkalpinang Amankan Dua Truk Bermuatan Pasir dan Balok Timah Ditimbun Nanas

Kata Yordansyah, berdasarkan pengakuan sopir truk, barang tersebut mereka angkut dari perkebunan di wilayah Desa Balun Ijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

"Kalau informasi sementara dari Balun Ijuk. Kita juga masih melakukan penyelidikan mereka dapat barang dari mana pastinya," jelasnya.

Sementara itu, guna mempermudah pengungkapan kasus dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan uji laboratorium perihal keaslian barang, terutama lempengan timah yang telah dilebur.

Apakah benar 150 kilogram lempengan tersebut benar timah ataupun hanya slag atau terak sisa dari pengolahan timah.

"Tetapi kita belum tahu, Senin ini akan kita uji lab apakah ini slag atau timah, karena dari kasat mata seperti timah, jadi patut diduga," tandas Yordansyah.

Baca juga: Polisi Gagalkan Upaya Penyelundupan 173 Kg Timah Ilegal dari Bangka ke Jakarta, Begini Kronologisnya

Diberitakan sebelumnya, Jajaran Polres Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ratusan kilogram timah ke luar Pulau Bangka melalui Pelabuhan Pangkalbalam, Sabtu (8/1/2022).

Sebanyak 173 kilogram timah berbagai bentuk itu akan diselundupkan ke Jakarta dengan diangkut menggunakan dua unit truk dengan muatan nanas dari Balunijuk, Kabupaten Bangka.

Halaman
123
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved