Breaking News:

Erzaldi Rosman

Jadi Tuan Rumah G20 Belitung, Gubernur: Fasilitas Bandara Hingga Hotel Dibenahi

Erzaldi menyampaikan semua pihak harus bahu membahu agar memberikan kepuasan dan pelayanan terbaik agar penyelenggaraan G20 dapat terlaksana.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Gubernur Bangka Belitung saat memimpin rapat persiapan penyelenggaraan G20 di Ruang Rapat Kantor UPTD Dinas PUPRPRKP Bangka Belitung di Tanjungpandan, Belitung, Senin (10/1/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pulau Belitung terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 Development Working Group (DWG) pada September 2022 mendatang.

Dalam persiapan menyambut pertemuan yang dihadiri Menteri dari 20 negara tersebut, Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengatakan beberapa hal harus diperbaiki.

Di antaranya apron bandara dan ruang tamu VVIP, termasuk hotel kini tengah membenahi bangunan dan fasilitas menyambut acara tersebut. Kurasi terhadap UMKM dan hotel tengah dipersiapkan agar bisa melayani delegasi yang hadir.

"Kita kurasi mana yang baik dan bagus agar ditampilkan. Upaya ini kita lakukan, maka ada panitia internal dan eksternal (pemerintah dan swasta/pelaku bisnis) karena seluruh stakeholder harus bahu membahu agar acara ini sukses," katanya usai memimpin rapat persiapan di Ruang Rapat Kantor UPTD Dinas PUPRPRKP Babel di Tanjungpandan, Belitung, Senin (10/1/2021).

Menurutnya, G20 menjadi peluang yang luar biasa dahsyat karena dihadiri delegasi 20 negara, serta merepresentasikan 80 persen pasar dunia dan 60 persen populasi penduduk dunia. Artinya pertemuan G20 akan berimbas positif terhadap daerah penyelenggara.

Efeknya akan dirasakan setelah penyelenggaraan. Sebagai daerah yang mengunggulkan sektor pariwisata, G20 menjadi momen yang paling tepat untuk promosi.

"Belitung jadi terkenal, tapi bukan berarti masyarakat santai, tapi masyarakat harus kreatif dan inovatif," katanya.

Erzaldi menyampaikan semua pihak harus bahu membahu agar memberikan kepuasan dan pelayanan terbaik agar penyelenggaraan G20 dapat terlaksana dengan baik dan pasca G20 ada perubahan yang signifikan bagi Belitong maupun Provinsi Babel.

Gelaran tersebut juga harus disambut dengan inovasi dan dorongan agar potensi-potensi yang ada di daerah bisa diketahui, dilihat, dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersama-sama demi kepentingan dunia.

"Ini sudah melakukan persiapan, intinya kita nanti dari hasil ini pemerintah pusat sudah meminta struktur kepanitiaan, kita tidak saja mempersiapkan kepanitiaan, tapi harus berupaya. Baik kepada masyarakat dan penyelenggara, termasuk hotel, restoran, transportasi, bisnis yang membawahi bisnis untuk berkembang dan memperbaiki diri," tuturnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved