Breaking News:

Restorasi Lingkungan, PT Timah Tanam Cemara Laut di Pulau penanas

Program restorasi yang dilakukan PT Timah Tbk dengan melakukan penanaman pohon cemara laut yang dilakukan sejak tahun 2021 lalu.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Tedja Pramana
Ist/PT Timah
Pohon cemara laut yang ditanam di Pulau Penanas, Buku Limau, Manggar, Senin (10/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan menjadi salah satu prioritas dari PT Timah Tbk.

Salah satu program pengelolaan lingkungan yang dilakukan PT Timah Tbk yakni melaksanakan program restorasi di Pulau Penanas, di Desa Buku Limau, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Program restorasi yang dilakukan PT Timah Tbk dengan melakukan penanaman pohon cemara laut yang dilakukan sejak tahun 2021 lalu.

Upaya restorasi yang dilakukan PT Timah Tbk ini untuk menghijaukan kembali kawasan Pulau Penanas untuk mengurangi abrasi akibat faktor alam.

Tak hanya itu, diharapkan dengan adanya penanaman cemara laut ini diharapkan dapat menjaga kebelangsungan pulau penanas.

Kegiatan restorasi yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Beltim dan Bumdes Maju Bersama bertujuan untuk mengurangi pengikisan air laut dan menghijaukan kembali Pulau Penanas.

Sebagiamana diketahui PT Timah Tbk pada tahun 2021 melaksanakan penanaman 200 pohon cemara laut di Pulau Penanas.

Selain melakukan penanaman, PT Timah Tbk juga melaksanakan monitoring dan melakukan penyulaman cemara laut yang tidak tumbuh dengan baik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Beltim, Noviz Ezuar mengatakan jika tidak ada tumbuhan di Pulau Penanas bisa menyebabkan kondisi pulau akan abrasi dan terkikis air laut.

"Dengan adanya penanaman cemara laut ini, kita berharap tidak kehilangan pulau, karena kalau tidak dilakukan penanaman bisa jadi beberapa taun kedepan tinggal namanya aja pulau Penanas itu," Kata Noviz Ezuar seperti dalam rilis PT Timah kepada posbelitung.co, Senin (10/1/2021).

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved