Breaking News:

Tuan Rumah G20, Belitung Dapat Kucuran Dana Pusat, Peningkatan Rumah Sakit Tipe C Jadi A

Peningkatan fasilitas dan SDM tersebut akan meningkatkan status RSUD Marsidi Judono sebagai rumah sakit berkelas internasional.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung, H Sahani Saleh dalam rapat persiapan penyelenggaraan G20 di ruang rapat UPTD Dinas PUPRPRKP Babel di Tanjungpandan, Senin (10/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan Menteri Pembangunan G20, Belitung mendapatkan sejumlah keuntungan.

Bupati Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) menyebut, di antaranya mendapat kucuran dana pusat yang sesuai dengan kebutuhan menunjang persiapan pertemuan tersebut. Sebut saja peningkatan dari rumah sakit tipe C menjadi tipe A.

"Bukan hanya tipe saja yang meningkat, tapi ditunjang sarana prasarana dan dukungan sumber daya manusia (SDM)," katanya seusai rapat persiapan penyelenggaraan G20, Senin (10/1/2022).

Peningkatan fasilitas dan SDM tersebut akan meningkatkan status RSUD Marsidi Judono sebagai rumah sakit berkelas internasional.

Sanem menyebut, rumah sakit internasional di daerah saat ini hanya ada di Bali dan Sidoarjo, sehingga Belitung menjadi daerah ketiga yang memiliki rumah sakit berskala internasional.

Selain rumah sakit, sebagai tuan rumah G20, Belitung juga akan mendapat kucuran dana untuk pembangunan infrastruktur jalan ke geosite.

Di samping juga promosi kepariwisataan secara gratis karena langsung dihadiri delegasi dunia yang terdiri dari 19 negara dan satu lembaga Uni Eropa.

"Geosite termasuk UMKM harus dipersiapkan dalam rangka G20 ini. Apalagi ini sebagai ajang promosi gratis. Sebab kalau mau datang ke 20 negara, satu negara saja butuh biaya miliaran. Makanya ini momentum dalam upaya menjadi wisata internasional," jelasnya.

Terpilihnya Belitung sebagai tuan rumah, lanjut Sanem, satu di antaranya karena mengantongi status sebagai UNESCO Global Geopark (UGG). Karena geopark berkaitan dengan isu yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut.

Ada tiga isu utama yang akan dibahas pada pertemuan G20 yakni arsitektur kesehatan dunia yang harus dibangun karena adanya pandemi Covid-19, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan serta ekonomi hijau.

Buat mempersiapkan G20, beberapa hal harus dipersiapkan. Seperti sarana prasarana kesehatan, kesiapan rumah sakit, penginapan dan hotel, kamtibmas, dan sarana transportasi.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved