Breaking News:

Bangka Belitung Punya Potensi Budidaya Rumput Laut untuk Ekspor

Ia mengatakan, potensi rumput laut seharusnya dapat dibudidayakan karena termasuk jenis Eucheuma cottonii.

Penulis: Riki Pratama | Editor: Novita
Bangka Pos/Riki Pratama
Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Provinsi Babel, Dedy Arief Kurniawan 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Budidaya rumput laut memiliki potensi yang luar biasa di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dedy Arief Kurniawan, mengatakan, Bangka Belitung memiliki potensi budidaya rumput laut untuk ekspor karena merupakan wilayah kepulauan.

"Saya lihat potensi rumput laut hanya terdampar di pinggir pantai, padahal itu memiliki nilai ekspor," kata Dedy kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (11/1/2022).

Ia mengatakan, potensi rumput laut seharusnya dapat dibudidayakan karena termasuk jenis Eucheuma cottonii.

"Kenapa tidak dimanfaatkan, karena dibutuhkan diluar negeri," ucapnya.

Dedy menambahkan pihaknya dapat mendatangkan ahlinya dari Lampung untuk bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Babel, apabila masyarakat Babel ingin belajar budidaya rumput laut.

"Kami bisa memfasilitasi untuk ahlinya, tapi itu harus dari Pemprov Babel dahulu. Bila perlu pemprov membawa ahlinya ke lokasi untuk sosialisasi, supaya bisa melihat langsung lokasinya seperti apa," terangnya.

Dedy mengatakan, rumput laut memiliki banyak manfaat, terutana bidang kesehatan. Di antaranya membantu mempertahankan dan mengurangi berat badan dan membantu mempercepat penyembuhan luka.

"Selama ini kan digunakan untuk bahan makanan seperti agar-agar, jadi sangat disayangkan potensi itu dibiarkan begitu saja. Tapi, semua tergantung dari Pemprov Babel untuk mengembangkannya," ujarnya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved