Breaking News:

Cegah Korupsi, Kajati Babel Targetkan Kajari Setiap Triwulan Minimal Satu Perkara Tipikor

Namun di sisi lain, dirinya meminta pada masyarakat harus sepakat untuk melawan korupsi bukan hanya retorika tetapi tindakan nyata.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Tedja Pramana
posbelitung.co/dede s
Kajati Babel Daroe Tri Sadono (tengah) menghadiri penyerahan pidana denda PT BMMI di Kejar Belitung, Selasa (11/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kajati Babel, Daroe Tri Sadono menargetkan kepada kajari dalam setiap triwulan minimal terdapat satu perkara tipikor yang diangkat.

Target tersebut diberikan bukan semata-mata untuk mencari kesalahan tetapi dalam rangka memberikan pencegahan dan edukasi kepada aparat desa hingga kabupaten agar tidak korupsi.

Namun di sisi lain, dirinya meminta pada masyarakat harus sepakat untuk melawan korupsi bukan hanya retorika tetapi tindakan nyata.

"Saya mintakan pertanggungjawaban kepada para kajari, kasi pidsus termasuk jaksa, mana perkara yang ditangani. Jangan tidur, kalau tidur begitu bangun yang diceritakan cuman mimpi saja," ujarnya saat menyaksikan penyerahan pidana denda di Kejari Belitung, Selasa (11/1/2021).

Selain itu, dirinya juga meminta kepada para kajari untuk memberikan pendampingan kepada kepala desa dalam mengelola keuangan desa.

Tujuannya agar tidak terjadi penyimpangan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Bahkan dirinya juga meminta agar kajari membangun semacam pos di desa yang letaknya jauh dari kantor kejari.

"Jadi kami lebih dekatkan hubungan untuk mencegah terjadinya perkara korupsi. Karena kalau sudah terjadi, mau tidak mau hukum harus ditegakan," katanya.

Seperti yang diketahui, Kejari Belitung sudah menangani tiga perkara korupsi yang menjerat kepala desa dan bendahara.

Terbaru, Mantan Kepala Desa Air Saga berikut bendaharanya telah divonis majelis hakim PN Pangkalpinang akibat korupsi APBDes.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved