Breaking News:

Disiplin Prokes Masyarakat Bangka Belitung Kian Kendur, Mikron Sebut Mungkin Masyarakat Mulai Jenuh

Kendurnya kesadaran masyarakat mentaati prokes ini, lanjut Mikron, disebabkan melandainya kasus Covid-19 Babel saat ini.

Penulis: Riki Pratama | Editor: Novita
Bangkapos.com/Riki Pratama
Sekretaris Percepatan Penanganan Satgas Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan, kedisplinan masyarakat Babel terhadap protokol kesehatan Covid-19 semakin hari semakin menurun atau kendur.

"Berdasarkan pantauan kami, kesadaran prokes masyarakat kita kian hari kian kendur, ini sangat kita sayangkan," kata Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa, kepada wartawan, Senin (10/1/2021).

Kendurnya kesadaran masyarakat mentaati prokes ini, lanjut Mikron, disebabkan melandainya kasus Covid-19 Babel saat ini.

"Karena melandai, inilah membuat kian kendurnya prokes. Sebenarnya kemungkinan masyarakat itu sudah jenuh. Selama ini selalu keluar rumah dengan prokes, kebetulan kasus kita melandai, kesempatan mereka abaikan prokes," jelasnya.

Ia menegaskan, bukan hanya prokes menggunakan masker, jaga jarak dan menghindari kerumunan pun kerap diabaikan.

"Terlihat dengan semakin tingginya mobilitas masyarakat di tempat-tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan dan kawasan wisata pantai," ujarnya

Menurut Mikron, pemerintah saat ini terus berjuang untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 Varian Omicron.

Masyarakat harus dapat disiplin prokes, bukan malah sebaliknya.

"Omicron ini cepat sekali penyebarannya, terlebih varian baru Covid-19 ini sudah terdeteksi di sejumlah wilayah di tanah air. Untuk Babel belum ditemukan, adanya varian Omicron. Kendati demikian, kami terus waspada. Dengan memperketat pintu masuk, baik di bandara maupun pelabuhan," kata Mikron.

Selain itu, guna mencegah penyebaran Omicron, pihaknya juga terus mempercepat vaksinasi agar masyarakat dapat terlindungi.

Mikron mengatakan, berdasarkan monitoring kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia selama satu pekan (3-9 Januari 2022), berikut ini tingkat kepatuhan penerapan protokol kesehatan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari 385 titik yang dipantau.

1. Angka kepatuhan memakai masker: 88,92 persen (turun drastis dibanding pekan sebelumnya), dari 92,26 persen rerata nasional.

2. Angka kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan: 89,72 persen (turun drastis dibanding pekan sebelumnya), dari 90,82 persen rerata nasional.

Laporan monitoring kepatuhan penerapan protokol kesehatan mingguan update per 9 Januari 2022 ini, disusun oleh Bidang Data & IT Satgas Penanganan Covid-19.

Informasi terkait bisa diakses di/melalui https://covid19.go.id/berita/monitoring-kepatuhan-protokol-kesehatan-tingkat-nasional-update-09-januari-2022. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved