Breaking News:

Imbas Harga Timah, Penjualan Sepeda Motor Meningkat, Konsumen Belitung Pilih Beli Tunai

Semenjak Agustus 2021, penjualan terus meningkat sampai akhir tahun. Bahkan pada kuartal terakhir penjualan motor Yamaha melonjak 30-40 persen.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Deretan sepeda motor di dealer Yamaha Sumber Jadi, Pangkallalang, Tanjungpandan, Selasa (11/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Penjualan unit motor baru selama 2021 mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan, konsumen Belitung lebih memilih membeli motor baru secara cash atau tunai.

Kenaikan harga komoditas hasil bumi termasuk timah, mengimbas positif terhadap penjualan motor.

"Kalau dilihat kuartal pertama Januari-Maret biasa saja, tidak signifikan penjualan, tidak ada lonjakan bahkan masih di bawah normal. Begitu masuk kuartal kedua 2021, kenaikannya luar biasa," kata Kepala Cabang Yamaha Belitung, Rico Subroto, Selasa (11/1/2022).

"Bukan saja karena naiknya harga timah, tapi mudahnya mengambil timah. Dengan dapat timah, bisa dibelikan motor, sehingga penjualan unit baru fantastis," lanjutnya.

Semenjak Agustus 2021, penjualan terus meningkat sampai akhir tahun. Bahkan pada kuartal terakhir penjualan motor Yamaha melonjak 30-40 persen.

Dari segi volume penjualan, lanjut Rico, pasar motor baru Yamaha paling banyak di Belitung Timur. Yamaha NMax masih menjadi best seller dengan sumbangsih sekitar 40 persen dari total unit yang terjual.

Berdasarkan data yang dihimpun Samsat Belitung, penjualan unit baru kendaraan roda dua ada 5.262 unit. Jumlah tersebut merupakan keseluruhan sepanjang 2021 lalu.

Sementara itu, Area Operation Manager Honda Belitung Rama Dany Setiawan mengatakan perbaikan pemasaran unit motor terjadi peningkatan setelah Idulfitri, tepatnya sekitar Mei telah menunjukkan kecenderungan naik.

Senada dengan Rico, Dany menyebut peningkatan tersebut imbasnya karena kenaikan harga timah.

"Kami merasakan dampak positif penjualan, sampai beberapa bulan kekurangan stok melayani indent di tipe Scoopy dan PCX, karena kami juga tidak mengira ada kenaikan signifikan," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved