Breaking News:

Tak Butuh Suket RT/Desa Lagi, Pindah Administrasi Kependudukan Makin Mudah

Pemohon bisa langsung ke Disdukcapil setempat dan langsung diurus melalui sistem yang terintegrasi se-Indonesia.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Tedja Pramana
Posbelitung.co/BryanBimantoro
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Belitung Timur, Mudiarsono di ruangannya, Selasa (11/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Mau pindah administrasi kependudukan tapi takut ribet? Sekarang jangan khawatir lagi! Kepindahan penduduk sekarang di Indonesia sudah bisa lewat online saja.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Belitung Timur (Beltim), Mudiarsono mengatakan, saat ini sudah tidak perlu ribet memakai surat keterangan dari RT ataupun desa.

Pemohon bisa langsung ke Disdukcapil setempat dan langsung diurus melalui sistem yang terintegrasi se-Indonesia.

"Kalau di sini, pindah datang bisa online. Mereka memohon surat persetujuan ke daerah tujuan, nanti kita bantu pengurusannya dan buatkan SKP WNI untuk minta persetujuan daerah asal pindah ke Belitung Timur," kata Mudiarsono, Selasa (11/1/2022).

Mudiarsono bilang proses kepindahan penduduk tidak lagi membutuhkan surat keterangan apapun dari desa ataupun RT.

Kemudahan itu juga dijamin oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh yang menegaskan jika masih ada yang meminta suket maka Kadisdukcapilnya bakal dicopot.

Jadi masyarakat yang ingin pindah jangan takut lagi karena menurut Mudiarsono mereka masih berpikir seperti di jaman dulu yang harus cabut berkas dulu di tempat asal baru didaftarkan ke tempat domisili.

"Kita di disdukcapil sebagian besar sudah memakai teknologi supaya memudahkan masyarakat. Bahkan nanti KTP bisa berbentuk digital dan hanya perlu discan barcode sehingga tidak ada lagi yang namanya fotokopi KTP. Tapi itu bertahap nanti diterapkan di masyarakat," katanya.

Dia menyarankan agar masyarakat yang belum pindah tapi sudah lama tinggal di Belitung Timur agar segera mengurusnya. Hal itu supaya mereka bisa mendapatkan fasilitas dasar seperti kesehatan.

Mudiarsono menyatakan kendala yang dihadapi penduduk pindah ke Beltim adalah banyak yang tidak memiliki dokumen kependudukan, salah satunya tidak mempunyai akta kelahiran.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved