Breaking News:

Penendangan Sesajen di Lumajang Cederai Kebhinnekaan, Bupati: Mbok Jangan Seperti itu

Husein juga turut menandatangani pernyataan sikap Aliansi Masyarakat Banyumas Peduli Budaya yang mengutuk peristiwa itu.

Editor: Tedja Pramana
TribunJateng.com
Aliansi masyarakat Banyumas peduli budaya saat lakukan aksi mengecam aksi penendangan Sesajen di Gunung Semeru, dengan meletakan sesaji di tiang bendera di Pendopo Si Panji, Purwokerto, Rabu (12/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, PURWOKERTO - Bupati Banyumas, Achmad Husein menyayangkan adanya peristiwa penendangan sesajen oleh seseorang di kawasan Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Menurut Husein, peristiwa tersebut menciderai kebhinnekaan yang telah terjalin sejak dahulu.

"Mbok jangan seperti itu, kita kan seduluran (bersaudara) di dunia, apalagi kita bhinneka tunggal ika," kata Husein seusai menemui peserta aksi dari Aliansi Masyarakat Banyumas Peduli Budaya di depan pendapa bupati, Rabu (12/1/2022).

Aliansi masyarakat tersebut menggelar aksi terkait video viral penendangan sesajen di kawasan Gunung Semeru.

Dalam kesempatan itu, Husein juga turut menandatangani pernyataan sikap Aliansi Masyarakat Banyumas Peduli Budaya yang mengutuk peristiwa itu.

"Saya sampaikan tadi kalau ada yang tidak setuju dengan sesajen tidak usah ditendang, dipindahkan saja atau gimana, tidak harus ditendang," ujar Husein.

Husein berharap, kejadian serupa tidak terjadi di wilayahnya.

"Yang penting justru bagi kita ayo sama-sama mengingatkan satu sama lain, jangan sampai terjadi di sini. Saya menghormati, orang beda pendapat boleh," kata Husein.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah eleman masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Banyumas Peduli Budaya menggelar aksi di halaman pendapa bupati, Rabu (12/1/2022).

Aksi yang diikuti sekitar 50 orang itu menyayangkan penendangan sesajen oleh seseorang di kawasan Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dalam kegiatan tersebut mereka juga menggelar ritual doa bersama di halaman pendapa bupati. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bupati Banyumas soal Penendangan Sesajen di Lumajang: Kalau Tidak Setuju Jangan Ditendang"

Sumber: Kompas.com
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved