Breaking News:

Belitung Tuan Rumah Meeting G20 Tingkat Menteri, Dampak Baik Buat Beltim

Dampak langsung yang akan dirasakan yakni hidupnya UMKM di kawasan geopark yang nantinya bakal dikunjungi oleh rombongan tamu negara tersebut.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Tedja Pramana
Posbelitung.co/BryanBimantoro
Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Belitung Timur, Mathur Noviansyah di ruangannya, Kamis (13/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Menteri Perdagangan dari seluruh negara yang tergabung dalam G20 bakal meeting tahunan di Kabupaten Belitung September 2022 mendatang.

Berbagai persiapan sudah dimulai untuk menjamu para tamu negara tersebut. Namun bagaimana dampaknya terhadap Belitung Timur (Beltim), tetangga tuan rumah annual meeting tingkat menteri G20 tersebut?

Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda)Kabupaten Beltim, Mathur Noviansyah mengatakan, Beltim pasti mendapat dampaknya baik secara langsung ataupun tak langsung.

Dia merinci dampak langsung yang akan dirasakan yakni hidupnya UMKM di kawasan geopark yang nantinya bakal dikunjungi oleh rombongan tamu negara tersebut.

"Mereka akan berkunjung ke Geosite Open Pit Nam Salu Kelapa Kampit. Di sana jelas nanti kita juga akan berbenah supaya mereka bisa mempromosikan geosite itu ke negaranya," kata Mathur, Kamis (13/1/2022).

Untuk dampak tak langsung, Mathur bilang Belitung Timur bisa memanfaatkan masa persiapan dan koordinasi menuju hari H ke kementerian dan pemerintah pusat.

Dia mencontohkan urusan pelabuhan Beltim bisa ke Kemenhub supaya pengaruh G20 ini bisa mempercepat pembangunan pelabuhan.

"Manfaat tak langsung akan banyak kita rasakan. Memang kalau untuk pembangunan langsung, Belitung lebih terasa dampaknya seperti rumah sakit dan bandara. Tapi kita bisa masuk juga untuk mendapatkan benefitnya," kata Mathur.

Lebih jauh, dia menekankan bahwa Pemerintah Beltim mendukung penuh pertemuan G20 tingkat menteri itu. Dia ingin meeting itu sukses supaya Belitung dan Beltim makin dikenal dunia apalagi dari sisi pariwisatanya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved