Breaking News:

Wawancara Khusus

Berbenah untuk Persiapan Kegiatan G20, Puluhan Private Jet Delegasi Bakal Datang ke Belitung

Belitung mulai berbenah mempersiapkan pertemuan G20 yang akan dihadiri para menteri dari 19 negara dan satu lembaga Uni Eropa.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung, H Sahani Saleh 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Belitung mulai berbenah mempersiapkan pertemuan G20 yang akan dihadiri para menteri dari 19 negara dan satu lembaga Uni Eropa.

Sebagai tuan rumah, persiapan mulai dari pembentukan kepanitiaan hingga peninjauan lokasi yang akan didatangi para delegasi ini mulai dipersiapkan berdasarkan arahan panitia pusat.

Berlangsung pada September 2022 mendatang, G20 diyakini sejumlah pihak menjadi momen kebangkitan bagi pariwisata dan perekonomian Belitung, termasuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Wartawan Pos Belitung, Adelina Nurmalitasari, mewawancarai Bupati Belitung, H Sahani Saleh, pada Selasa (11/1/2022), untuk mengetahui lebih jauh mengenai G20. Berikut kutipan wawancaranya.

T : Sebenarnya apa sih G20?

J : Sebelumnya secara rinci sudah kami buat selebaran yang membahas mengenai G20. G20 ini merupakan lembaga dunia dari 20 negara, satu di antaranya Indonesia. Ini kerja sama yang membahas berbagai hal, termasuk sektor pembangunan dan ekonomi.

Kenapa Belitung bisa menjadi tuan rumah dari berbagai daerah kepulauan yang ada di Indonesia?
Karena Belitung punya branding sebagai KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional), KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata, serta yang terpenting sebagai UNESCO Global Geopark (UGG). Apalagi satu di antara isu yang dibahas mengenai global warming atau pemanasan global.

Selama ini geopark menjadi hal yang dicari oleh negara-negara yang tengah berupaya mengatasi global warming. Apalagi Belitung termasuk dulunya daerah yang memiliki wilayah tambang yang kini beralih fungsi dengan dikelola masyarakat sebagai tujuan wisata seperti Juru Seberang. Ini yang sebetulnya ingin dilihat dalam pertemuan tersebut. Makanya geopark menjadi branding utama, lanjutannya berupa kegiatan seperti ini.

T : Berapa banyak orang yang direncanakan datang saat pertemuan G20?

J : Ada 19 negara dan satu lembaga Uni Eropa yang akan datang ke sini, ada juga lembaga negara lain yang akan datang meninjau. Prediksi tamu dari luar yang sudah terinventarisasi ada sekitar 520 orang yang dari pemerintahan. Belum lagi stafnya, sehingga tidak kurang dari 2 ribu orang yang datang.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved