Breaking News:

Tahun 2022 Target Pendapatan Samsat Belitung Rp59 Miliar

Strategi untuk mencapai target tersebut, menjalan program yang sudah ada sebelumnya seperti Samsat Setempo dan Samsat Keliling (Samling).

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Tedja Pramana
tribunnews
Aktivitas di UPT Bakuda Provinsi Babel wilayah Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Bangka Belitung (Babel) wilayah Kabupaten Belitung (Samsat), Erwinsyah mengatakan, untuk target pendapatan pajak pada tahun 2022 ini mencapai Rp59 miliar.

Nilai itu tentu lebih besar dibandingkan tahun 2021, hanya Rp56 miliar. Namun ia sendiri optimistis target tersebut akan terlampaui seperti tahun- tahun sebelumnya.

"Karena tahun 2021 misalnya, itu target kami Rp56 miliar, capaiannya Rp70 miliar secara keseluruhan," kata Erwinsyah kepada posbelitung.co, Kamis (13/1/2022).

Unsur pendapatan paling besar dari pajak ini, dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pokok. Pada tahun 2021 lalu unsur pendapatan dari PKB Pokok Rp41 miliar lebih kurun waktu satu tahun.

Sedangkan dari Bea Balik Nama (BBN) pokok mencapai angka Rp21 miliar lebih dan dari unsur pajak air permukaan (PAP), Rp5,8 miliar serta PKB denda Rp1,4 miliar dan BBN denda sebesar Rp21,1 juta.

"Jadi ada kelebihan target sebesar 24,47 persen secara keseluruhan. Nah tahun ini kami sudah mempunyai berbagai program untuk mencapai target tersebut," ujarnya.

Salah satu strategi untuk mencapai target tersebut, menjalan program yang sudah ada sebelumnya seperti Samsat Setempo dan Samsat Keliling (Samling), disamping wajib pajak membayar pajak di kantor.

Kemudian memberikan sosialisasi pajak kepada wajib pajak, agar taat membayar pajak. Sebab pendapatan pajak itu sangat penting sekali untuk pembangunan.

"Selain dari itu berbagai inovasi-inovasi lainnya, seperti memberikan hadiah kepada wajib pajak, dan segala macam," bebernya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved