Breaking News:

Bupati Sebut Pertemuan G20 Ajang Promosi Industri Potensi Sumber Daya Alam Belitung

Selain dari sarana prasarana, pemda juga berupaya mempromosikan potensi sumber daya alam kepada para tamu delegasi dari 19 negara.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Tedja Pramana
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung, H Sahani Saleh 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemkab Belitung terus berbenah menjelang pelaksanaan pertemuan tingkat internasional G20 pada September 2022 mendatang.

Selain dari sarana prasarana, pemda juga berupaya mempromosikan potensi sumber daya alam kepada para tamu delegasi dari 19 negara.

Bupati Belitung, H Sahani Saleh mengatakan Belitung menyimpan potensi SDA yang selama ini belum tergarap maksimal seperti pariwisata, perikanan, kaolin, pasir kuarsa dan lainnya.

Diharapkan pasca pertemuan G20, muncul investor yang beminat mengolah kekayaan alam tersebut untuk mendorong percepatan ekonomi di daerah berjuluk Negeri Laskar Pelangi itu.

"Karena kita punya kawasan industri dan pelabuhan untuk mendukung itu. Jadi nanti hasil alam itu tidak dikirim barang mentah minimal setengah jadi seperti arahan Presiden," kata pria yang akrab disapa Sanem itu kepada posbelitung.co, Jumat (14/1/2022).

Ia menambahkan sementara ini, pihaknya masih terus melakukan pembenahan beberapa sarana pendukung mulai dari hotel, restoran, akses jalan, rumah sakit bandara dan lainnya.

Beberapa waktu, pemda juga menyiapkan bangunan eks Hotel Harlika, Jalan Pattimura yang akan digunakan sebagai Kantor Sekretariat Panitia sekaligus pusat informasi G20.

"Kami juga berharap nanti kawan-kawan UMKM bisa bersiap agar produk mereka bisa ditampilkan," kata Sanem.

Sebagai tuan rumah, Belitung tidak hanya menyiapkan sarana prasarana tetapi capaian vaksinasi masyarakat juga menjadi perhatian.

Menurutnya secara keseluruhan, Belitung sudah mencapai angka 80 persen tetapi jika dirinci pergolongan masih terdapat kekurangan seperti vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Namun, hingga saat ini proses vaksinasi masih terus berjalan untuk memenuhi target yang telah ditentukan.

Meskipun demikian, Sanem berharap masyarakat ikut menjaga agar gelombang penyebaran Covid-19 tidak terjadi di Belitung.

Tak hanya itu, masyarakat juga minta menjaga kebersihan lingkungan sekitar terutama rumah yang berada di pinggir jalan.

"Walaupun di pinggir jalan itu ranahnya pemerintah tapi diharapkan juga paritisipasi masyarakat. Minimal di depan rumah masing-masing," katanya.

(posbelitung.co/dede s)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved