Jelang Event G20, Gerakan Masyarakat Wirausaha Siap Bantu Pelaku UMKM di Belitung Timur

Kepala DisnakerkopUKM Kabupaten Beltim, Gustaf Pilandra, mengatakan, Gemawira merupakan mitra pemerintah daerah dalam pembinaan para pelaku UMKM.

Editor: Novita
IST/Dokumentasi Diskominfo Beltim
Bazar produk UMKM di acara deklarasi pengukuhan Gemawira Wilayah Belitung dan Belitung Timur di Tebat Rasau Kecamatan Simpang Renggiang, Jumat (28/1/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pengurus Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) wilayah Belitung dan Belitung Timur menggelar deklarasi pengukuhan di Tebat Rasau Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur, Jumat (28/1/2022).

Acara ini juga digelar dengan serangkaian kegiatan, mulai dari talkshow hingga bazar berbagai produk dari sejumlah pelaku UMKM.

Gemawira adalah organisasi socialpreneur yang beranggotakan sekumpulan masyarakat pelaku UMKM yang independen dan bergerak di bidang kewirausahaan, memberikan pelatihan, bimbingan dan pembinaan wirausaha kepada UMKM anggotanya.

Kepala DisnakerkopUKM Kabupaten Belitung Timur, Gustaf Pilandra, mengatakan, Gemawira merupakan mitra pemerintah daerah dalam pembinaan para pelaku UMKM.

Dengan pengukuhan ini, ia berharap kepengurusan yang sudah terpilih bisa menjalankan amanah yang diemban dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab.

"Pengukuhan ini merupakan starting point (titik awal, red) kegiatan Gemawira terhadap UMKM. Nantinya lebih memudahkan kita bersinergi dalam pembinaan bagi para pelaku UMKM itu sendiri," jelas Gustaf seperti dalam rilis Diskominfo Belitung Timur yang diterima Posbelitung.co, Sabtu (29/1/2022).

Gustaf berharap, Gemawira bisa memberikan pendampingan kepada seluruh pelaku UMKM yang tergabung dalam Gemawira Beltim, guna peningkatan kualitas dan produktivitas produk UMKM. Terlebih untuk persiapan menyambut event pertemuan G20 di Pulau Belitung mendatang.

"Diharapkan pada saat G20 nanti, produk-produk UMKM unggulan yang kita tampilkan bisa mendongkrak pemasaran yang tentunya memenuhi persyaratan dan sesuai standar, baik itu dari segi halal, higienis dan lainnya," jelas Gustaf.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Gemawira Kabupaten Belitung Timur, Bambang Suherly.

Kolaborasi dan sinergisitas dengan dinas teknis terkait, diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM di Belitung Timur yang belum tertib secara prosedur, terutama dalam menghadapi event besar pertemuan G20 nanti.

"Kami akan lakukan koordinasi dan pendataan di tiap-tiap kecamatan. Kita ingin sama-sama ke depan bagaimana produk UMKM ini bisa naik kelas namun standar prosedur perizinan harus tertib agar bisa membantu dipasarkan di tingkat nasional bahkan luar negeri," ucapnya.

Acara pengukuhan ini dhadiri oleh Anggota DPD RI, Darmansyah Husein, Anggota DPRD Bangka Belitung, Beliadi, Forkopimda Belitung Timur, Pimpinan Perangkat Daerah Belitung Timur, Ketua Dekranasda Belitung Timur, serta Pelaku UKM beserta undangan lainnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved