Kementerian Pertanian Malaysia Bakal Jajaki Potensi Peternakan dan Pertanian di Belitung Timur

Lewat Kementerian Pertaniannya, mereka bakal menjajaki potensi tersebut dalam beberapa waktu yang akan datang.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Novita
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Belitung Timur, Heriyanto, dan Managing Director Yanora Asia, Hasrul bin Muhammad Yamin (kanan), di depan proyek pertanian transfer teknologi di Dinas Pertanian Belitung Timur, Rabu (16/3/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Potensi pertanian dan peternakan di Belitung Timur rupanya mampu menarik perhatian negeri tetangga, Malaysia.

Lewat Kementerian Pertaniannya, mereka bakal menjajaki potensi tersebut dalam beberapa waktu yang akan datang.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Belitung Timur, Heriyanto, Rabu (16/2/2022).

Heri mengatakan, Selasa (15/2/2022) kemarin, Bupati Belitung Timur, Burhanudin, bersama satu dari perusahaan Malaysia yang bergerak di bidang Ginger Fertilizer, Herbs, dan Agricultural Consultant, sudah melakukan meeting secara virtual dengan Wakil Menteri Pertanian dan Industri Makanan Malaysia, Datuk Seri Haji Ahmad bin Hamzah.

Meeting itu membahas berbagai hal tentang Belitung Timur dengan berbagai potensinya.

Dia menyebut, ini merupakan jalinan hubungan secara tidak resmi yang dihubungkan oleh Managing Director Yanora Asia, Hasrul bin Muhammad Yamin.

"Saudara Hasrul ini datang ke Belitung Timur dengan misi untuk transfer teknologi dalam hal budi daya jahe dengan sistem fertigasi, yaitu gabungan fertilisasi dan irigasi. Dia yang membuka akses ini," kata Heri, Rabu (16/2/2022).

Teknologi pertanian yang dibawa Hasrul, dinilai sangat bermanfaat bagi kemajuan pertanian di Belitung Timur.

Apalagi, banyak lahan pertanian di wilayah Belitung Timur tidak terlalu subur dan juga banyak lahan kritis.

Menurut Heri, uji coba teknologi pertanian yang dipaparkan Hasrul, sudah berjalan saat ini dicoba di halaman Dinas Pertanian.

Sementara yang menjadi penerima transfer teknologi tersebut adalah penyuluh pertanian yang nantinya akan mendistribusikannya kepada petani-petani di Belitung Timur.

Bupati, lanjutnya, mengapresiasi apa yang diperbuat oleh Hasrul. Saat zoom meeting, Bupati Belitung Timur, Burhanudin, berkeinginan mengembangkan peternakan sapi terpadu dengan memanfaatkan lahan perkebunan kelapa sawit sebagai kawasan peternakan.

"Keinginan Pak Bupati, pihak Kementerian Pertanian Malaysia, juga mengembangkan peternakan yang memang sangat diminati dari ternak sapi di dalam perkebunan sawit. Malaysia lebih intens dengan produk sapi halal sehingga kita lebih mudah memenuhi hal tersebut," jelas Heri.

Sementara itu, Managing Director Yanora Asia, Hasrul bin Muhammad Yamin, mengemukakan, dia dengan tulus ingin berbagi ilmu dan pengetahuan tentang teknologi pertanian.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved