Video lokal

Seleksi Tertulis Bacalon Kades di Belitung Timur Digelar, Bupati Sebut Begini

Tahun ini ada empat desa yang calonnya melebihi batas maksimal yaitu Desa Baru, Desa Batu Penyu, Desa Senyubuk, dan Desa Simpang Pesak.

Penulis: tidakada009 | Editor: Tedja Pramana

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak 29 orang bakal calon kepala desa hari ini mengikuti seleksi tertulis di Auditorium Zahari MZ, Manggar, Kamis (24/2/2022).

Tes itu diperuntukkan bagi desa dengan calon kepala desa lebih dari lima orang. Tahun ini ada empat desa yang calonnya melebihi batas maksimal yaitu Desa Baru, Desa Batu Penyu, Desa Senyubuk, dan Desa Simpang Pesak.

Bupati Belitung Timur Burhanudin memonitor sekaligus menyerahkan bundel soal seleksi tersebut kepada panitia pilkades serentak 2022. Ditemui seusai meninjau pelaksanaan seleksi, Burhanudin mengatakan seleksi ini sifatnya transparan dan profesional.

"Soal dibuat oleh lembaga yang ditunjuk tadi kita lihat bersama masih disegel. Pelaksanaan juga diawasi oleh polisi dari sini dan Polda termasuk panitia pengawas," kata Burhanudin, Kamis.

Dia menekankan pada Panitia Pilkades agar bekerja secara profesional dan tanpa rekayasa. Jangan libatkan sisi subjektifitas dalam penilaian seleksi, termasuk jangan timbulkan gesekan di masyarakat dengan cara pahami aturan dan mekanisme prosedur Pilkades.

"Jangan mentang-mentang ada saudara ikut jadi condong ke salah satu calon. Jangan nodai demokrasi kita dengan hal-hal buruk seperti itu. Rakyat yang sepenuhnya menentukan," tegas Burhanudin.

( Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved