Video

Video Semburan Lumpur Rendam Sawah di Desa Grabagan Jawa Tengah, Begini Analisis Ahli Geologi:

Semburan lumpur asin berbau belerang tersebut kali pertama diketahui oleh sejumlah warga yang sedang beraktivitas di area pemakaman setempat.

Penulis: tidakada008 | Editor: Novita

POSBELITUNG.CO - Sanyoto (50), seorang petani asal Desa Grabagan, Jawa Tengah, hanya bisa gigit jari menyaksikan setengah hektar sawah padi siap panen miliknya rusak terkubur lumpur Bledug Cangkring.

Warga Desa Grabagan, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, tersebut, hanya bisa pasrah melihat tanaman padi miliknya tiba-tiba tergenang lumpur.

Peristiwa tersebut viral di media sosial, seperti video yang diunggah akun instagram @terangmedia.

Kejadian ini berlokasi di objek wisata Baby Volcano atau biasa disebut Bledug Cangkring.

Sekretaris Desa Grabagan, Mujiati, mengatakan, saking lamanya, semburan lumpur setinggi 1 meter itu berujung meluber hingga membanjiri areal persawahan seluas 1 hektare sekitar 1,5 jam, pada  Selasa (22/2/2022).

Mujiati menyebut, lumpur ini tidak seperti biasanya, namun hanya mengeluarkan letupan-letupan kecil.

Semburan lumpur asin berbau belerang tersebut kali pertama diketahui oleh sejumlah warga yang sedang beraktivitas di area pemakaman setempat.

Ahli Geologi, Handoko Teguh Wibowo, menyampaikan, keberadaan gunung lumpur di Bledug Kuwu, Bledug Cangkring dan Oro Oro Kesongo mengindikasikan jika di lokasi tersebut bersemayam minyak dan gas.

Lokasi gunung lumpur jamak ditemui di Kabupaten Grobogan, Blora, Rembang dan beberapa kabupaten di Jatim.

Sementara di Indonesia mud volcano eruption yang masih sering dijadikan bahan perbincangan berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur.

Meski demikian, Dosen Teknik Geologi dan Pertambangan Institut Teknologi Adhitama Surabaya ini menyebut, mud volcano di Grobogan dan Blora ini berbeda dengan di Sidoarjo.

Mud volcano di Sidoarjo bersuhu 100 derajat celcius, sedangkan mud volcano di Kesongo mengikuti suhu kamar berkisar 30 derajat celcius hingga 32 derajat celcius. (*)

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul VIDEO - Semburan Lumpur Rendam 1 Hektare Sawah, Ahli Geologi: Indikasi Minyak dan Gas Bersemayam

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved