Berita Belitung

Sandiaga Uno Kunjungi Destinasi Wisata Belitung, Ini Strategi Membangkitkan Gairah Kepariwisataan

Di awal perjalanannya, ia berkunjung ke Open Pit Nam Salu yang merupakan eks tambang timah terbuka yang terdalam dan terbesar di Asia Tenggara.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Menparekraf Sandiaga Uno didampingi pejabat daerah saat kunjungannya di Belitung, Sabtu (26/2/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Belitung dan Belitung Timur (Beltim) pada 26-27 Februari 2022.Di awal perjalanannya, ia berkunjung ke Open Pit Nam Salu yang merupakan eks tambang timah terbuka yang terdalam dan terbesar di Asia Tenggara.

Dari objek wisata tersebut, ia juga mengunjungi home stay di Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur.

Sandi dan rombongan lalu bertolak ke Rimba Alam Bahagia meresmikan geo-resto, lalu menghadiri workshop KaTa Kreatif bertemu pelaku ekonomi kreatif di Gedung Serbaguna Pemkab Belitung.

Mantan Wakil Gubernur Jakarta ini juga datang ke Desa Wisata Keciput hingga berlayar menuju objek Batu Garuda yang berada di lepas pantai Tanjung Kelayang.

Dunia kepariwisataan, termasuk Belitung turut merasakan imbas akibat pandemi. Menparekraf Sandi mengatakan strategi membangkitkan kembali pariwisata di Pulau Belitung dapat dilakukan dengan penyelenggaraan event.

"Jadi G20 is coming, kita melihat event olahraga, akhir Maret akan ada triathlon, open swim renang di laut terbuka, mudah-mudahan bagus cuacanya. Karena melalui events akan datang kunjungan," katanya, Minggu (27/2/2022).

Kehadiran public figure Daniel Mananta dan Melanie Putria ke Belitung, menurut Sandi, juga bisa membangkitkan kembali antusiasme wisatawan untuk kembali datang ke Belitung.

"Mereka akan posting, mereka akan lihat antusiasnya meningkat sehingga membawa manfaat untuk kebangkitan ekonomi. Low investment tapi high impact, ini menjadi fokus kita," sebutnya.

Sandi juga telah menyampaikan kepada Bupati Belitung agar desa-desa wisata dapat mendaftarkan diri pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (2022). Nantinya, setiap desa wisata akan mengadakaben event, termasuk kecamatan, kabupaten, dan provinsi.

Pada 1 Maret 2022, Kemenparekraf juga akan meluncurkan calendar of event yang di dalamnya juga memuat beberapa event di Belitung.

( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved