Kuliner

Mie Cume' Dipuji Pak Menteri, Berawal Kreasi Angkat Potensi Bahari Belitung  

Produk Kuliner Mie Cume' menjadi perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno dalam kunjungannya ke Belitung, Sabtu (2

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Pemilik Mie Cume' Agus Darwiyanto dan Wiwit menunjukkan produknya, Sabtu (26/2/2022). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Produk Kuliner Mie Cume' menjadi perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno dalam kunjungannya ke Belitung, Sabtu (26/2/2022). Mencoba langsung mie hitam dari olahan tinta cumi, ia memuji rasa dan kreativitas usaha mie tersebut.

"Tadi saya mencoba Mie Cume' Adena, sangat enak, enggak kalah dengan mie dari Italia," puji Sandi. 

Mie hitam ini menjadi inovasi dari pasangan Agus Darwiyanto dan Wiwit. Sukses dengan produk Ketam Isi Adena, pasangan ini berpikir menciptakan kuliner baru di Belitung.

"Kita gak mau kalau sama daerah lain kayak bandung yang kreativitas makanannya banyak. Makanya kami berpikir untuk membuat sesuatu yang khas tapi bukan dari dulu, sesuatu yang baru, kita create sesuatu yang baru. Intinya di sini hasrat kami untuk sebuah kreativitas," ujar Agus.

Survei pun dilakukan sehingga diketahui ada dua kuliner favorit orang Belitung yakni ayam geprek dan mie. Ia berkonsultasi dengan ahli pangan yang menyarankan mengangkat cumi karena merupakan satu di antara hasil bahari yang melimpah, namun belum banyak yang mengangkatnya. 

"Harapan kami dari Adena selain orang berpikir sebagai pusatnya kepiting, juga pusatnya cumi. Bahwa kami coba membantu pariwisata agar orang ke Belitung mencari Mie Cume'," katanya. 

Pada 2019, produk ini pun diperkenalkan sebagai alternatif olahan seafood kekinian yang mengangkat cumi sebagai kekhasan Belitung yang terkenal kaya akan hasil laut. 

Mie berbentuk gepeng berwarna gelap ini disajikan dengan varian isian atau topping yang beragam seperti cumi dan ketam isi. Ada juga alternatif topping lain yang tak kalah enak yakni ayam dan bakso ikan. Harganya pun terjangkau, berkisar antara Rp15.000-Rp35.000 bergantung pilihan topping. 

"Kalau mau coba datang saja ke gerai ketam isi Adena di Jalan Pattimura nomor 35, nanti bisa makan di tempat atau take away, kita ready," kata Wiwit. 

Olahan Mie Cume' juga dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, sehingga buat yang pengen menjadikannya sebagai buah tangan harus memesan terlebih dulu agar bisa dibekukan.

Mendengar pujian dari Menparekraf Sandi saat berkunjung ke Belitung, Wiwit merasa senang bahwa inovasi tersebut dapat diterima. 

"Mudah-mudahan bisa diterima oleh semua masyarakat Belitung khususnya, dan Indonesia pada umumnya," kata dia. ( Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved