Berita Belitung

Buaya di Tanjung Pendam Dievakuasi Petugas Damkar Belitung, Dibawa ke Dokter Hewan untuk Obati Luka

Sementara waktu, buaya itu akan dibawa ke kantor Damkar Belitung untuk selanjutnya dilepaskan kembali ke habitatnya.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Novita
Ist/Dokumentasi Riko Pribadi
Tim Damkar Kabupaten Belitung mengevakuasi buaya di perairan laut Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Senin (7/3/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Buaya yang ditangkap oleh nelayan pencari udang di perairan laut Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Minggu (6/3/2022) malam, hingga sekarang masih dalam keadaan hidup.

Sejak tadi malam, buaya itu tidak bergeser ataupun pergi dari tempatnya setelah sebelumnya dilepaskan oleh warga sekitar dalam keadaan terluka pada bagian kepala dan badan.

Lantaran tidak kunjung pergi, lantas tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Damkar Kabupaten Belitung pun mengevakuasi buaya berukuran dua meter tersebut.

Setelah berhasil dievakuasi, buaya dibawa oleh petugas ke dokter hewan untuk diobati.

Pada bagian kepala dan tubuh buaya yang sempat robek akibat hentakan benda tajam itu, dijahit.

"Jadi untuk menghindari ada korban jiwa, buaya itu kami evakuasi, tetapi kami obati terlebih dahulu ke dokter hewan," kata Danru II BPBD dan Damkar Belitung, Riko Pribadi, kepada Posbelitung.co, Senin (7/3/2202).

Tim Damkar Belitung mengevakuasi buaya menggunakan tali dan tongkat besi. Caranya, tali tersebut terlebih dahulu harus dililitkan ke mulut buaya agar bagian mulut tidak terbuka.

Buaya tersebut kini sudah diobati dan dalam keadaan hidup. Sementara waktu, buaya itu akan dibawa ke kantor Damkar Belitung untuk selanjutnya dilepaskan kembali ke habitatnya.

"Karena masih hujan, sementara kami letakkan, simpan buaya itu di kantor dulu, nanti akan kami kembalikan ke habitat nya yang tentu nya jauh dari pemukiman warga," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved