Berita Pangkalpinang

Pangkalpinang Siap Sambut Perubahan Status Pandemi Jadi Endemi, Molen : Masyarakat Sudah Mengerti

Menurut Molen, sapaan akrab Maulan Aklil, sudah ada beberapa indikator yang disiapkan untuk menanggapi perubahan ke endemi itu.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Novita
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, menyambut baik akan kebijakan yang diambil oleh pemerintah pusat dalam mengubah status pandemi menjadi endemi Covid-19.

Menurutnya, Kota Pangkalpinang siap menyambut gagasan yang akan diterapkan oleh pemerintah pusat. Hal itu dibuktikan dengan masyarakat yang sudah paham peran vaksin Covid-19 bagi mereka.

"Bagus sekali, masyarakat kita sekarang sudah mengerti begitu besar peran vaksinasi dan booster vaksin pada diri mereka," kata Maulan kepada Bangkapos.com, Kamis (10/3/2022).

Menurut Molen, sapaan akrab Maulan Aklil, sudah ada beberapa indikator yang disiapkan untuk menghadapi perubahan ke endemi itu.

Perubahan ke arah endemi sudah mulai terlihat. Satu di antaranya, dari rendahnya tingkat keterisian rumah sakit meskipun kasus Covid-19 meningkat karena efek dari vaksinasi.

"Benar sekali, vaksin dan masker seperti yang disampaikan Pak Presiden adalah cara kita untuk mengatasi Covid-19," terang Molen.

Disamping itu, lanjut dia, pelaku perjalanan domestik dengan transportasi darat, laut, maupun udara yang sudah menerima vaksinasi dua dosis, sudah tidak perlu menunjukkan bukti antigen maupun Polymerace Chain Reaction (PCR) negatif, itu menunjukkan tanda-tanda pandemi akan menjadi endemi.

Maka dari itu, dia optimistis transisi dari pandemi menuju endemi Covid-19 dapat dilakukan apabila masyarakat tetap menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, juga penerapan protokol kesehatan ketat.

"Sekarang sudah endemi bukan lagi pandemi. Dan kita keluar sudah tidak melampirkan PCR dan antigen selagi sudah vaksin dua kali," tambahnya.

Molen meyakinkan, bila situasi Covid-19 telah membaik dan perekonomian kembali pulih, pembangunan di Pangkalpinang akan kembali digenjot. Endemi dinilai akan sangat berpengaruh pada peningkatan ekonomi yang selama ini tertekan.

Oleh karenanya, dia meminta agar masyarakat tetap tidak meninggalkan protokol kesehatan dan tetap melakukan vaksinasi Covid-19 baik dosis pertama, kedua, maupun booster atau penguat.

"Oleh sebab itu, saya setiap kali momen mengajak masyarakat maupun kawan-kawan OPD (Organasasi Perangkat Daerah) untuk booster maupun vaksin. Saya membuktikan sendiri kawan-kawan yang terkena Covid-19 dan sudah vaksin tidak terlalu bahaya akibatnya," tandas Molen. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved