Virus Corona

Aturan Mudik Lebaran, Wapres Sebut Sedang Dipertimbangkan, Tak Perlu PCR tapi Wajib Bosster

Pemerintah sudah memperbolehkan maysarakat untuk mudik saat lebaran, tapi akan ada peraturan wajib yang diberlakukan

Editor: Hendra
Dok. KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA, -- Pemerintah mulai bersiap membuat aturan baru bagi pemudik lebaran di saat pandemi covid-19.

Dua tahun sebelumnya, pemerintah melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

Tapi kali ini mudik sudah diperbolehkan tapi ada syarat wajib yang akan diberlakukan oleh pemerintah.

Dikutip Posbelitung.co dari Kompas, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah akan membuat aturan bagi para pemudik lebaran Hari Raya Idul Fitri

Saat ini aturan mudik lebaran sedang dalam pertimbangan pemerintah.

Aturan mudik lebaran yang diwajibkan nanti yakni vaksinasi bosster.

Menurut Ma'ruf dengan syarat vaksinasi booster, maka pemudik tidak perlu lagi melakukan tes PCR atau antigen untuk pulang ke kampung halaman.

"Nanti booster itu kita ingin jadikan syarat kalau nanti orang mau mudik. Selain vaksinasi sudah lengkap dua kali, harus juga sudah di-bosster sehingga demikian tidak perlu ada lagi semacam di- PCR atau di-antigen," kata Ma'ruf dalam kunjungan kerja di Bandung, Selasa (22/3/2022), dikutip dari keterangan video.

Namun, Ma'ruf mengingatkan, ketentuan itu berlaku apabila tidak ada lonjakan kasus Covid-19 menjelang Lebaran mendatang.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk tetap menaati protokol kesehatan selama menjalani ibadah pada bulan Ramadhan mendatang meski aktivitas ibadah telah dilonggarkan seiring terkendalinya situasi pandemi.

"Memang masih harus tetap menaati protokol kesehatan seperti menggunakan masker terutama, kemudian juga mencuci tangan dan juga vaksinasi," ujar Ma'ruf.

Ia mengatakan, pemerintah juga akan menggenjot vaksinasi dosis pertama dan kedua serta vaksinasi booster menjelang bulan Ramadhan, khususnya bagi masyarakat lanjut usia.

Seperti diketahui, pemerintah melarang pelaksanaan mudik Lebaran pada tahun 2020 dan 2021 lalu akibat kondisi pandemi Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, situasi Lebaran tahun ini bakal berbeda jika target vaksinasi dua dosis sebanyak 70 persen tercapai.

"Mudah-mudahan kali ini kalau hasilnya baik, Pak Menko (Menteri Koordinator) mengizinkan, Lebaran kali ini bisa kita hadapi dengan berbeda, dibandingkan Lebaran sebelumnya, dengan kondisi bahwa harus dilakukan percepatan vaksinasi dosis kedua," kata Budi, Minggu (27/2/2022).

(Kompas/Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wapres Sebut Vaksinasi Booster Akan Jadi Syarat Mudik Lebaran", 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved