Luhut Tak Gentar Dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas Dugaan Terlibat Kejahatan Ekonomi di Papua

Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar dan Koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti melaporkan menteri Luhut ke Polda Metro Jaya

Penulis: Hendra CC | Editor: Hendra
Kolase foto Tribunnews
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (kiri), Haris Azhar (tengah) dan Fatia Maulidiyanti (Kanan) 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Seteru Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar dan Koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti dengan Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Maritim Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) berbuntut panjang.

Setelah Hariz dan Fatia dilaporkan ke polisi, kini keduanya balik melapor Luhut Binsar Panjaitan ke Polda Metro Jaya, Rabu (23/3/2022).

Tak tanggung-tanggung, yang melaporkan LBP ke Polda Metro Jaya merupakan gabungan sejumlah LSM  yakni Koalisi Bersihkan Indonesia.

Luhut dilaporkan terkait dugaan kejahatan ekonomi di Intan Jaya, Papua.

Ketua Umum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Muhammad Isnur mengatakan, gabungan LSM ini akan menggunakan hak konstitusionalnya untuk melaporkan dugaan keterlibatan LBP dalam monopoli ekonomi tersebut.

"Bahwa setiap warga negara telah dijamin haknya untuk melaporkan ke pejabat berwenang dalam hal ini Kepolisian atas telah atau sedang atau diduga akan terjadinya peristiwa tindak pidana," kata Isnur dalam keterangan tertulis dikutip Posbelitung.co dari Tribunnews, Rabu (23/3).

Dalam hal ini, Muhammad Isnur melayangkan laporannya merujuk pada Pasal 1 angka 24 KUHAP.

Isnur menambahkan, indikasi keterlibatan Luhut Binsar Panjaitan (LBP) berdasarkan hasil riset berjudul Ekonomi-Politik Penempatan Militer di Papua: Kasus Intan Jaya yang diluncurkan oleh YLBHI, WALHI Eksekutif Nasional, Pusaka Bentala Rakyat, LBH Papua, KontraS, JATAM, Greenpeace Indonesia, Trend Asia bersama dengan BersihkanIndonesia.

"LBP salah satu pejabat negara diduga terlibat dalam konflik kepentingan yang mengarah pada kejahatan ekonomi," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, tim kuasa hukum Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar dan Koordinator Kontras  Fatia Maulidiyanti berencana melaporkan balik Luhut atas dugaan kejahatan ekonomi di Papua.

Luhut Tak Gentar

Menghadapi laporan yang dilayangan oleh Hariz dan Fatia CS, rupanya tak membuat Luhut Binsar Pandjaitan gentar.

Melalui juru bicara Menko Bidang Marves,  Jodi Mahardi, mengetakan pihahnya tidak khawatir terkait adanya rencana pelaporan tersebut karena tahu persis tidak ada skandal bisnis sebagaimana yang dituduhkan.

"Menyikapi rencana pelaporan para LSM. Pihak Pak Menko Luhut tidak khawatir karena tahu persis tidak ada bisnis di sana. Yang harusnya khawatir itu yang buat kajian cepat. Metodologi kajian cepat itu gimana sih? Apa nggak harus cross check sama orang yang ditarget oleh laporan tersebut? Parameternya gimana sebuah kajian cepat bisa dipublikasikan atau diviralkan?" kata Jodi ketika dihubungi Tribunnews.com pada Rabu (23/2/2022).

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved